Suku Bunga Acuan Turun

Kesempatan Baik Tiga Sektor di Sumbar untuk Berkembang


Kamis, 24 Maret 2016 - 04:07:25 WIB

PADANG, HALUAN — Penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) dari 7 persen menjadi 6,75 persen, diharapkan bisa memicu pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat (Sumbar). Turunnya suku bunga nantinya dominan akan ber­pengaruh kepada sektor pertanian, perdagangan dan pariwisata.

Demikian disampaikan oleh Kepala Kantor Bank Indonesia (BI) Sumbar, Puji Atmoko kepada Ha­luan, Rabu (23/3) di kantornya.

“Kebijakan tersebut dilakukan satu bulan sekali. Artinya, suku bunga acuan ini bisa naik atau turun sekali sebulan dengan memper­timbangkan beberapa faktor yang salah satu faktornya bisa memicu pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Ia menuturkan, BI juga akan lebih berhati-hati dalam menen­tukan kebijakan moneter fokus jangka pendek, melalui struktur operasi moneter yang konsisten.

“BI akan terus berkoordinasi de­ngan pemerintah untuk mengen­da­likan inflasi dan reformasi struk­tural, sehingga bisa berjalan dengan baik dan menopang pertumbuhan eko­nomi menjadi lebih baik,” lanjut­nya.

Terkait pengaruh turunnya suku bu­nga ke Sumbar, menurut Puji, ka­rena di Sumbar lebih banyak per­ta­nian, perdagangan, dan pari­wisata, turunnya suku bunga acuan meru­pa­kan kesempatan terbaik untuk me­ngembangkan tiga sektor tersebut.

“Sebenarnya sektor yang paling berpengaruh dengan turunnya suku bunga acuan ini tidak ada dan semua sektor bisa berpengaruh. Namun, Sumbar lebih banyak pertanian, perdagangan dan pariwisata bisa memanfaatkannya,” lanjutnya.

Intinya, tambah Puji, jika kredit berpengaruh tumbuh, semua sektor akan berpengaruh tumbuh. (h/win)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM