Pembangunan SMAN 1 Batusangkar Berlanjut


Kamis, 24 Maret 2016 - 04:14:27 WIB
Pembangunan SMAN 1 Batusangkar Berlanjut MAKET pembangunan gedung SMAN 1 Batusangkar yang berlokasi di pusat Kota Batusangkar Jalan Sultan Alam Bagagarsyah. (FERI MAULANA)

TANAH DATAR, HALUAN —Pembangunan gedung SMA Negeri 1 Batusangkar tetap berlanjut di tahun anggaran 2016 ini. Pemerintah pusat dan daerah mengalokasikan ang­garan  Rp1,7 miliar untuk pem­­bangu­nan ru­ang kelas baru (RKB) dan sarana pendukung lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar Indra Kesuma didampingi Kabid SMP/SM Lisda M kepada Haluan, Rabu (23/3) di SMA Negeri 1 Ba­tu­sangkar mengatakan, tahun anggaran 2015 lalu di sekolah ini juga dialokasikan dana untuk pembangunan RKB de­ngan konstruksi bertingkat. Tahun 2016 ini, Pemkab Tanah Datar kembali menga­lo­kasi­kan sekitar Rp1,2 miliar lagi untuk melanjutkan pem­bangu­nan ge­dung yang terbengkalai itu.

Baca Juga : Keluarga Pejuang Kelistrikan Korban Covid-19 Terima Beasiswa dari PLN

“Pemerintah pusat melalui dana APBN tahun 2016 juga mengalokasikan dana sekitar Rp500 juta. Berdasarkan ke­se­pa­katan rapat, dana APBN ini akan diperuntukkan untuk membangun tiga unit RKB, guna melanjutkan pem­bangu­nan lantai satu yang telah berlangsung sejak tahun ang­garan 2015 lalu,” terang Indra.

Sementara dana APBD Tanah Datar sekitar Rp1,2 miliar akan dimanfaatkan un­tuk pembangunan jenjang ke lantai II, pembuatan WC, pengecatan, pemasangan ke­ramik dan sarana pendukung lainnya. Sehingga untuk bangu­nan site plan B ini diharapkan sudah tuntas pada tahun ang­garan 2016 ini.

Baca Juga : Masyarakat Campago Selatan Padang Pariaman Berharap Leonardy Fasilitasi Pengembangan Perekonomian

Di sisi lain, Lisda menya­ta­kan dengan adanya dua bantu­an yang diterima SMAN 1 Batusangkar ini tidak akan terjadi tumpang tindih. Me­nurut­nya, peruntukan dana APBD cukup jelas, demikian pula dana bantuan pemerintah pusat juga tidak dicam­pura­duk­kan dengan dana APBD Tanah Datar.

“Hal ini sudah sesuai deng­an hasil rapat dengan pihak terkait seperti Dinas PU, DPP­KA, Bappeda, Bagian Dalbang dan konsultan,” ucap Lisda.

Baca Juga : Usai Dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman Gelar Silaturahmi

Kepala SMA Negeri 1 Batu­sangkar, Mardilius sangat me­ng­hargai sekali kehadiran pi­hak terkait dalam kelanjutan pembangunan SMA Negeri 1 Batusangkar ini, meskipun dalam waktu bersamaan masih banyak kegiatan seperti Mus­ren­bang kecamatan dan ke­giatan lainnya.

“Kita berharap agar master plan rencana pembangunan ini secara bertahap dapat dilan­jutkan, ini demi kelancaran proses belajar mengajar,” se­but­nya. (h/fma)

Baca Juga : Leonardy Harmainy: Pariwisata Jika Dikelola dengan Baik akan Memberikan Keuntungan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]