Air PDAM Tidak Mengalir

35 Ribu Pelanggan Kekeringan


Kamis, 24 Maret 2016 - 04:23:34 WIB

PADANG, HALUAN—Usai dilanda banjir, Selasa (22/3), air bersih milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tak mengalir ke rumah warga. Penyebabnya, tiga intake mi­lik PDAM Kota Padang jebol akibat banjir.

Walikota Padang, H. Mah­yeldi Dt Marajo me­nin­jau langsung ketiga intake yang jebol tersebut, Rabu (23/3). Tiga intake itu yakni inta­ke Jawa Gadut, di Kecamatan Pauh, intake Guo di Ke­ca­matan Kuranji, serta intake Sungai Latung, Lubuk Min­turun. 

Sekira pukul 11.00 Wib, Walikota bersama rombo­ngan menuju intake Jawa Gadut di Pauh. Bersama Camat Pauh, Wardas Tanjung, Walikota dan lainnya melihat langsung intake yang jebol. Di sini, Walikota mendapati petugas PDAM sedang be­kerjakeras memperbaiki sa­luran yang jebol. 

Setelah itu Walikota juga meninjau intake Guo di Ku­ranji. Begitu juga di intake Sungai Latung di Lubuk Min­turun.

Direktur Teknik PDAM, Andri Satria mengatakan, akibat banjir kemarin, seba­nyak 35.000 pelanggan tidak teraliri air bersih. Karena itu PDAM terus melakukan per­baikan. 

Diterangkannya, intake Jawa Gadut sudah selesai diperbaiki. Di sini, tiga intake berhasil diperbaiki dan akan dapat mengaliri warga. Begitu juga di intake Guo, Kuranji. Di sini, satu intake juga selesai dikerjakan.

Sementara, intake Sungai Latung, Lubuk Minturun hing­ga kini masih terkendala. Satu dari tiga intake masih dalam tahap pengerjaan. Se­dangkan, dua intake lainnya yakni intake lori dan intake gravitasi sudah diperbaiki. 

“Intake pompa masih ter­kendala, berkemungkinan esok (hari ini-red) tuntas,” kata Andri Satria yang didam­pingi Direktur Umum PD­AM, Hendri Satria. 

Sementara, Walikota Pa­dang, H. Mahyeldi Dt Marajo berharap agar PDAM sese­gera mungkin memperbaiki intake yang rusak. Sebab, air merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat. “Hingga kini lebih 150 ribu warga kita yang tidak mendapat air bersih,” kata Mahyeldi saat pe­nin­jauan. 

Dalam tinjauan itu, Wali­kota melihat saluran air milik PDAM yang terlihat kurang begitu kuat. Walikota meng­harapkan PDAM supaya mem­perkuat pemasangan saluran tersebut. Sehingga apabila nanti terjadi banjir, saluran PDAM tidak ter­ganggu dan warga tetap mendapat air bersih. (h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 21:34:20 WIB

    Pemko Padang Siapkan Rp35 Miliar untuk Wisata Bahari di Sungai Pisang

    Pemko Padang Siapkan Rp35 Miliar untuk Wisata Bahari di Sungai Pisang HARIANHALUAN.COM - Anggaran sebesar Rp35 miliar dialokasikan Pemerintah Kota (Pemko) Padang dalam pengembangan wisata Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung sebagai salah satu tujuan wisata bahari. Perencanaan pembangun.
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 18:10:14 WIB

    Disdukcapil Kota Padang Butuh 35 Ribu Blangko E-KTP

    Disdukcapil Kota Padang Butuh 35 Ribu Blangko E-KTP PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang akan mengajukan permohonan penambahan blangko e-KTP ke Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memenuhi kebutuh.
  • Kamis, 27 Desember 2018 - 11:15:01 WIB

    Pengamanan Tahun Baru, 350 Personel Satpol PP Diturunkan

    Pengamanan Tahun Baru, 350 Personel Satpol PP Diturunkan PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang menurunkan 350 personel dalam pengamanan pergantian tahun baru 2019. Selain pengamanan, petugas juga akan melakukan razia di tempat-tempat rawan maksia.
  • Ahad, 04 Juni 2017 - 16:53:00 WIB

    Tahun 2017, 635 PNS Padang Bakal Pensiun

    Tahun 2017, 635 PNS Padang Bakal Pensiun PADANG,HALUAN—Sebanyak 635 orang Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kota Padang akan pensiun selama tahun 2017. Dari jumlah tersebut, setengahnya yang akan pensiun adalah guru..
  • Selasa, 22 November 2016 - 00:47:31 WIB
    BERIKAN CONTOH PADA PEDAGANG

    350 Relawan Gabungan Bersihkan Pasar

    350 Relawan Gabungan Bersihkan Pasar PADANG, HALUAN — Ra­tusan relawan kebersihan dari 11 kecamatan yang bergabung dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Pa­dang, Dinas Pasar dan Satpol PP serta Dinas Perhubungan gelar aksi bersih di kawasan Pasar.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]