Lirik Dunia Kesehatan

SMK Karya Hadirkan Prodi Kesehatan Farmasi


Kamis, 24 Maret 2016 - 13:28:29 WIB

PADANG PANJANG, HA­LU­AN — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Karya Kota Padang Panjang, membuat satu gebrakan di dunia pendidikan dengan membuka Jurusan Program Studi (Prodi) Kes­ehatan dengan Kompentensi Farmasi pada tahun ini.

Kepala SMK Karya Mus­bar mengatakan, keinginan SMK Karya Kota Padang Panjang dalam pengembangan prodi pendidikan pada tahun ajaran baru Juli 2016 ini berawal dari adanya pinangan dari beberapa perguruan tinggi ternama di Sumbar seperti perguruan tinggi kesehatan dan perguruan tinggi kesenian.

“Sehubungan pinangan dari universitas ini, kita langsung melakukan kajian dan ber­koor­dinasi langsung dengan instasi pendidikan untuk mem­buka dan memasukkan jurusan prodi kesehatan tingkat SMA. Alhamdulillah, kita men­dapat­kan dukungan dari Dinas Pen­di­di­kan dan beberapa per­guru­an tinggi di Sumbar,” jelas Musbar kepada Haluan, ke­marin (23/3).

Keberanian sekolah ke­juru­an tersebut untuk membuka prodi tersebut, selain men­dapat dukungan dari beberapa universitas juga didukung oleh beberapa perusahan swasta yang peduli dunia pendidikan.

“Prodi Kesehatan itu meru­pakan prodi perdana di tingkat SMK di Padang Panjang, dan dengan hadirnya prodi ke­se­hatan yang bergerak dalam bidang farmasi di tingkat SMK, tentunya akan mempermudah jenjang studi sebelum masuk ke perguruan tinggi. Selain itu, siswa lulusan prodi Kesehatan SMK Karya akan menjadi prioritas perguruan tinggi kese­hatan nantinya,” sebut Musbar.

Lebih lanjut Musbar me­rinci, prodi kesehatan yang mendalami kompetensi ke­ahli­an farmasi tersebut akan mempelajari puluhan kom­petensi dasar ilmu farmasi kesehatan.

Insyallah kita akan mulai pada tahun ajaran baru ini. Saat ini SMK Karya tidak hanya gudang ilmu  teknik, otomotif bangunan dan listrik saja. Atas dukunhgan semua pihak kita akan hadirkan Jurusan Kese­hatan di SMK Karya Padang Panjang,” jelas Musbar.

Sementara itu, Ben­da­ha­rawan SMK Karya Padang Panjang Jimmi Hunan, St Alat Cumano, ketika ditanya Ha­luan terkait biaya yang nantinya akan dibebankan kepada siswa baru, katanya, saat ini yayasan bersama manajemen sekolah telah merancang terkait biaya prodi kesehatan itu. 

“Pastinya, biaya prodi ke­sehatan ini akan diseratakan dengan prodi lainnya. Kita akan tetap memperjuangkan siswa untuk dapat ikut men­jalani prodi. Pastinya, Kita dengan pihak yayasan akan memberikan yang terbaik ke­pada siswa. Selain itu kita juga akan mendatangkan guru-guru dari perguruan tinggi dan yang berkompentensi keahlian far­masi andal,” tegas Jimmi. 

Sementara itu, untuk so­sialisasi jurusan baru tersebut, pihak SMK telah menjalin kerjasama dengan seluruh pi­hak SMP di Sumbar.

“Untuk menampung siswa prodi kesehatan di SMK Ka­r­ya ini, tahun ajaran pertama kita telah menyediakan empat lo­kal untuk jurusan ini,” jelas Jimmi alumni salah satu uni­ver­sitas di negara Malaysia itu. (h/mg-pis)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]