Pemkab Pessel Siagakan Alat Berat


Kamis, 24 Maret 2016 - 14:21:00 WIB

PAINAN, HALUAN-Jalan nasional dari Painan ke Batang Kapas tertimbun longsor Rabu (23/3) . Longsor terjadi pagi setelah subuh. Hingga siang material longsor masih berserakan dan mengganggu pengguna jalan nasional. Sementara untuk berjaga-jaga alat berat disiagakan pada tiga titik.

Kepala BPBD Pessel Pri Nurdin menye­butkan, longsor terjadi akibat hujan yang mengguyur Selasa (22/3). Material longsor tersebut diketahui telah menumpuk sejak Rabu subuh. Untuk kepentingan kendaraan yang melintas sebagian material telah disingkirkan, namun belum seluruhnya bersih. Pengguna jalan perlu berhati-hati.

“Petugas sudah diturunkan kelapangan. Hingga siang seluruh material sudah disingkirkan,” katanya.

Selanjutnya, Bupati Pessel H. Hendra­joni mengatakan, hujan deras dua hari lalu telah menyebabkan lima titik dilanda banjir, namun tidak ada korban jiwa. 

Dia menyebutkan, ruas jalan Lintas Barat Sumatera yang membentang sekitar 230 km dari Siguntur hingga batas Muko Muko diakuinya memang banyak yang rawan bencana. Misalnya rawan banjir dan ancaman longsor. 

Disebutkannya, berdasarkan hasil survei dan verifikasi kawasan rawan bencana Dinas PU Pesisir Selatan terdapat sejumlah kawasan yang perlu diwaspadai. Misalnya ruas jalan Padang-Painan-Tapan terindikasi rawan bencana. Baik bencana banjir mau­pun longsor. 

“Kawasan rawan longsor berada di Siguntur, Sungai Lundang dan Koto Pulai. Di sini terdapat empat lokasi yang rawan longsor dan perlu perhatian pemudik,” katanya. Kawasan lainnya menurutnya, rute Painan – Inderapura - Tapan kawasan rawan longsornya terdapat di Bukit Pulai, Lalu Bukit Luhuang di Kecamatan Bayang, Bukit Biawak dan Bukit Batu Tembak di Keca­matan IV Jurai, Bukit Taratak di Kecamatan Sutera, Bukit Punai di Kecamatan Ranah Pesisir dan beberapa bukit lain yang berada di pinggiran Jalan lintas Barat Sumatera sampai ke perbatasan Pesisir Selatan dengan Bengkulu dan Provinsi Jambi, selebihnya lebih banyak ancaman banjir. (h/har)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]