Ronaldi

Hobi dan Kerja Seirama


Sabtu, 26 Maret 2016 - 01:23:57 WIB
Hobi dan Kerja Seirama

Meski, telah berusia ham­pir setengah abad dan menja­di pejabat, ternyata tak meng­halangi ruang gerak Kepala Badan Penyuluh Pertanian Peternakan Perikanan Kehu­tanan dan Ketahanan Pangan (BP4KKP) Kabupaten Si­jun­jung Ir Ronaldi untuk me­nyalurkan hobi.

Di sela kesibukannya, suami dari Zaizusmiarni ini masih sempat menyalurkan hobi trail adventure. Keter­tarikannya pada olahraga trail adventure, sejak olahraga menantang ini membumi di Sumatera Barat.

Sebelumnya, Ronaldi ju­ga suka mengendarai sepeda motor, baik saat mengenyam pendidikan, maupun me­ngun­jungi berbagai pelosok nagari yang bermedan berat.

Banyak event trail adven­ture telah diikutinya. Dan tak sedikit pula, berbagai lin­tasan mulai dari perbukitan curam, anak sungai hutan serta me­dan berlumpur ditaklukkan ayah dari Dan­­diko Zamero dan Zikri Okta­me­ro itu.

“Kalau iven di Su­­matera Barat tak ter­hitung jum­lah, ham­pir setiap iven yang di­ge­lar komunitas tra­­bas di Sum­bar sa­ya iku­ti. Begi­tu juga iven di lu­ar Sum­bar se­per­ti Mu­a­ro Bu­ngo, Ke­rinci, dan Ri­au,” ucap Ro­nal­di ke­pa­da Haluan di Muaro Sijunjung, Kamis ke­ma­rin.

Bagi pria kelahiran 48 ta­hun lalu, trail adventure tidak se­kedar untuk menya­lurkan ho­bi. Jika, ti­dak ada iven, Ro­naldi ber­sama komu­ni­tas Trail Ad­venture Com­mu­nity Kabu­paten Sijunjung (TRACK) touring ke pelo­sok-pelosok nagari untuk melihat potensi yang menjadi tupoksi di lem­baga yang dia pimpin.

“Selain menyalurkan ho­bi, kegiatan ini juga saya gunakan untuk melihatan potensi pertanian, peter­na­kan, perikanan dan kehuta­nan,” tuturnya.

Tak hanya hobi nge-trail, pria kelahiran Sijunjung juga pu­nya hobi menembak. Ro­nal­­di yang didaulat sebagai ke­tua komunitas menembak, Air Rifle Cominity (MACO) ju­ga memanfaatkan wak­­­­tu senggangnya se­kedar untuk mem­be­rikan kon­­tribusi da­lam mem­bas­mi ha­ma ci­gak (ke­-ra) dan tupai yang ke­rap me­rusak hasil ladang pe­tani di da­erahnya.

“Kalau ada un­dangan atau per­min­taan berburu dari pak wali­na­gari, ka­­mi dari ko­mu­­nitas MACO akan me­menuhi per­min­taan terse­but,” ucap­nya. (h/azn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 15:15:28 WIB

    Saykoji: Semua Berawal dari Hobi

    Saykoji: Semua Berawal dari Hobi HARIANHALUAN.COM – Ignatius Rosoinaya, Penyanyi yang kerap dipanggil Igor di masa mudanya, tak menyangka bahwa ia akan menjadi seorang Saykoji. Lelaki kelahiran 1983 ini, berhasil menjadi rapper yang berkancah di industri m.
  • Jumat, 13 Mei 2016 - 03:19:58 WIB
    Syamsul Bahri

    Hobi Menanam yang Berbuah Prestasi

    Hobi Menanam yang Berbuah Prestasi Siapa yang menanan kebaikan, tentulah akan mememetik kebaikan pula. Itulah kehidupan, bahkan terkadang apa yang kita petik jauh lebih besar dari apa yang kita tanam sebelumnya..
  • Sabtu, 26 Maret 2016 - 03:53:49 WIB
    Bripka. Rudi Wiradilaga

    Hobi yang Menjadi Ladang Pundi-pundi

    Hobi yang Menjadi Ladang Pundi-pundi Menjalankan hobi, ten­tu menjadi sesuatu yang mengasikkan. Apalagi, jika hobi juga menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan. Selain kesenangan tersa­lurkan, “pitih masuak” juga pastinya menjadi sesuatu yang tak bisa diela.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]