Daryanto Sabir

Andalkan Simental


Sabtu, 26 Maret 2016 - 01:24:34 WIB
Andalkan Simental

Dalam mengemban tugas ke­sehariannya sebagai Kepala Di­nas Peternakan dan Perikanan Kabu­paten Tanah Datar, Ir Dar­yanto Sabir MSi Dt Majo Sinaro selalu mengutamakan program kerja berbasis keber­pihakan pada masyarakat.

Untuk wilayah Luhak nan Tuo sesuai kondisi alamnya, masya­rakat mendominasi me­ne­kuni mata pencarian sebagai petani pemelihara ternak. Mere­ka cukup gemar memelihara ternak seperti sapi.

Jika petani berusaha meme­lihara sapi betina, mereka mem­peroleh keuntungan melalui upa­ya pengembangbiakan. Ke­untu­ngan yang didapatkan di­peroleh jika induk sapinya melahirkan anak, apalagi induk sapi yang dipelihara melahirkan anak kem­bar, petani merasa berbahagia sekali.

Melalui dukngan dana dari AP­BD Tanah Datar, dinas yang di­naunginya menerapkan pro­gram kawin suntik (inseminasi bua­tan) yang dibuktikan oleh pe­tani pemelihara ternak di da­e­rah ini sebagai pola cukup am­puh dalam upaya perkem­bang­bia­kan ternak yang di­pelihara­nya.

“Untuk jenis induk sapi yang dipelihara memiliki ben­tuk tu­buh bongsor alias besar, bisa saja memakai bibit unggul, anak sapi berperawakan besar, jenis ini disebut sebagai sapi simental,”  tuturnya kepada  Haluan di Ba­tusangkar.

Selama ini kawin secara alami bagi ternak sapi dinilai kurang efektif, karena men­dapatkan sapi pejantan untuk dikawinkan secara alami di­rasakan warga sebagai suatu yang cukup sulit dan induk sapi dalam pembiakannya menga­la­mi kendala yang cukup berar­ti.

Melalui program Gerakan Birahi Insemilasi Buatan (GB­IB) dengan dukungan dana APBD, Dinas Peternakan dan Pertanian Tanah Datar mem­berikan sunti­kan terhadap sapi betina cukup umur tanpa di­pungut bayaran.

“Biaya kawin suntik ditang­gung dana APBD, artinya kepa­da pemilik sapi betina yang disuntik tidak dikenakan biaya sepersen pun,” tutur Daryanto.

Dari pengalaman yang di­alami para peternak sapi di Tanah Datar, bibit unggul jenis simental dike­tahui telah mem­berikan ke­untu­ngan yang cukup besar bagi petani yang me­melihara sapi. Jenis ini kondisi badannya cukup besar. (h/emz)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]