Senam Lansia

Cegah Post Power Syndrome


Sabtu, 26 Maret 2016 - 01:28:25 WIB
Cegah Post Power Syndrome

UPT Puskesmas Kebun Sikolos Padang Panjang melaksanakan program senam lansia (lanjut usia) yang saat ini sudah diikuti sebanyak  100 orang anggota. Mereka rutin mengikuti senam ini sejak setahun lalu, selain untuk kebugaran tubuh juga diharapkan menjauhkan post power syndrome.

Menurut Pimpinan UPT Puskesmas Kebun Sikolos Epipoli Yunedi SKM, latihan kebugaran tubuh dilakukan bersama di halaman Puskesmas setiap hari Rabu.

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

“Mereka (para lansia, red) juga diajak jalan santai. Pada setiap kegiatan lansia ini juga disediakan door prize berupa satu helai handuk, sebagai rangsangan agar mereka tetap mengikuti kegiatan. Bagi yang tidak datang, dikunjungi ke rumah masing-masing untuk mengetahui apa penyebab mereka tidak datang,” kata Epi.

Lalu apa tujuan senam lansia ini ? Menurut Epipoli, yang juga salah seorang ahli gigi yang cukup ternama di kota Padangpanjang,  senam lansia ini bertujuan agar mereka sehat melalui olahraga teratur dan dapat mengurangi 2 penyakit yang lazim diidap oleh usia lanjut, seperti penyakit hipertensi dan diabetes melitus.

Baca Juga : Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

Selain itu, juga bertujuan agar mereka itu mandiri serta tidak tergantung kepada anak atau suami. “Kesehatan mereka diperiksa, setelah itu diperiksa di klinik konsultasi lansia yang ada di Puskesmas, jika sakit diberikan obat,” kata Epipoli.

Dijelaskan, senam lansia ini dibiayai dengan dana yang diberikan BPJS kepada instruktur sebesar Rp 150.000 sekali pertemuan. Artinya dilaksanakan secara swadaya karena Puskesmas tidak memiliki dana untuk itu. Senam lansia ini kerap dilaksanakan di halaman Kantor Pegadaian Padang Panjang akibat sempitnya halaman Puskesmas Kebun Sikolos.***

Baca Juga : Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

 

Laporan: IWAN DN

Baca Juga : Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 13:33:23 WIB

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab Masyarakat adat di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut momen-momen tertentu, salah satunya saat memasuki bulan Rajab..
  • Ahad, 14 Februari 2021 - 16:34:31 WIB

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah Saat ini ada berbagai lembaga di seluruh dunia yang sedang mengupayakan penyelamatan terhadap hewan-hewan langka yang terancam punah. Meski begitu, daftar hewan langka mungkin tak akan habis, karena jumlahnya terus bertambah..
  • Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai.
  • Senin, 01 Februari 2021 - 22:36:28 WIB

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi Pandemi COVID-19 membawa dampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Sebagian besar sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online dari rumah..
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 11:17:10 WIB

    Nobody Wants To Be Stupid

    Nobody Wants To Be Stupid Seorang guru menyampaikan dalam rapat. “Kelas saya adalah kelas istimewa”. Mencoba mengangkat posisi , dan semua orang sudah mengira kata istimewa adalah konotasinya positif. Yang terbayang adalah anak-anaknya kreatif, ra.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]