Yeni S Tanjung

Bakat Pidato Membawanya Berpolitik


Sabtu, 26 Maret 2016 - 01:35:34 WIB
Bakat Pidato Membawanya Berpolitik

Terlahir dari keluarga Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia (PRRI),  yang sejak  kecil sudah di doktrin dengan cerita  perjuangan, dan cerita  Soekarno. Membuat,  Ketua OKK DPD PDIP Sumbar, Yeni S Tanjung bertambah yakin  masuk dalam ranah politik.

Sejak,  duduk di bangku Se­ko­lah Dasar (SD) ia  mem­punyai bakat dan hobby berdis­kusi, serta berpidato.

Baca Juga : Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

Melihat bakat seperti ini, kedua orangtuanya mengarahkan untuk menjadi kader.

Bahkan, semasa duduk di bangku SD, ia sudah meraih sejumlah kejuaraan dalam lomba pidato.

Baca Juga : Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

Bakat yang kuat dalam bidang komunikasi, dan suka beropini ternyata semakin hari makin bertambah hingga ia masuk ke SMP sudah punya padangan sen­diri.

Memasuki kelas III SMA,  ia sudah terdaftar sebagai kader di PDIP, dan sudah mulai aktif di partai.

Baca Juga : Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

Dengan beberapa pertim­bangan, ia memutuskan untuk masuk ke PDIP.

“Sekitar,  Maret 1985 saya sudah masuk partai PDIP waktu itu masih kelas 3 SMA, dengan dilatih oleh salah seorang senior yang tegas namanya Saradi CPM di PDI yang sangat berperan dalam mendidiknya,” ung­kap­nya.

Baca Juga : Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

Ia mengaku, sejak duduk di bangku SMP mempunyai pan­dangan sendiri dan punya pe­n­dirian.

Ia,  sosok perempuan yang tidak suka menerima apa adanya, dalam artian hanya berdiam diri ketika melihat sesuatu yang seharusnya bisa diperjuangkan.

“Saya,  memang mempunyai watak yang tidak dimiliki oleh kebanyakan perempuan, watak yang keras, dan punya pandangan sendiri. Tapi, disisi lain, saya juga punya pandangan dari sisi perem­puan, dan apa yang semestinya saya lakukan sebagai perem­puan,” ulasnya.

Tidak hanya punya karakter yang kuat, dan beda dari perem­puan kebanyakan.

Namun,  sejak ia duduk di­bangku SMA sudah mulai man­diri dan punya pendapatan sen­diri dengan membantu pamannya berjualan di pasar.

“Ketika SMA,  saya sudah tahu bagaimana rasanya, dan susahnya mencari uang. Karena,  saya sudah membantu paman berjualan di toko bukunya di pasar, jadi saya sudah mandiri dari kecil,” jelasnya.

Tidak hanya menyukai dis­kusi, dan beropini, Srikandi PDIP ini juga sangat tertarik dan mendukung dengan hal-hal yang menyangkut dengan perubahan. Selain sangat menyukai tan­tangan, ia juga salah seorang yang loyal terhadap partai. Pasalnya dapat dilihat, 32 tahun bergabung dengan partai yang sama yakni PDIP.

“Apapun yang terjadi dengan partai saya, saya akan tetap setia. Karena,  memang tujuan awal kami  membuat perubahan khu­sus­nya untuk para perempuan agar lebih baik dan dapat mem­perjuangkan hak-haknya, ten­tunya melalui jalur partai po­litik,” ujarnya.

Ia juga,  mempunyai niat besar, bahwa semua perempuan baik yang duduk sebagai anggota dewan maupun jabatan  strategis di partai agar mampu bersuara, dan mengeluarkan pemikiran untuk pengambilan kebijakan maupun keputusan. Hal terse­but,  tentunya ditanamkan terle­bih dahulu kepercayaan diri pada masing-masing kader, serta ke­mauan dari perempuan tersebut untuk lebih memahami aturan dan UU yang ada.

“Keinginan saya tidak muluk-muluk, dan saya juga bukan orang yang terlalu ambisi untuk me­ngejar level atau tingkat yang lebih tinggi. Yang jelas,  saya ingin berbuat sesuatu yang ber­guna dan akan membawa peru­bahan untuk bangsa khususnya Sumbar, tentu salah satunya dengan memaksimalkan peran kader perempuan di legislatif dan pada tingkat kabupaten kota,” pungkasnya. (H/rin)

 

Laporan: RINA AKMAL

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 21 Februari 2021 - 13:33:23 WIB

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab

    Beragam Tradisi Unik Masyarakat Adat Indonesia di Bulan Rajab Masyarakat adat di Indonesia memiliki tradisi unik dalam menyambut momen-momen tertentu, salah satunya saat memasuki bulan Rajab..
  • Ahad, 14 Februari 2021 - 16:34:31 WIB

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah

    Ini Daftar Hewan Langka yang Perlu Kamu Lihat Sebelum Punah Saat ini ada berbagai lembaga di seluruh dunia yang sedang mengupayakan penyelamatan terhadap hewan-hewan langka yang terancam punah. Meski begitu, daftar hewan langka mungkin tak akan habis, karena jumlahnya terus bertambah..
  • Ahad, 07 Februari 2021 - 19:13:51 WIB

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula

    Berminat untuk Menjadi Penyelam? Ini Tipsnya untuk Pemula Menikmati pemandangan bawah laut memiliki kenikmatan dan keasyikan tersendiri. Beraneka ragam kehidupan berseliweran dalam perairan tersebut begitu memikat untuk ditatap dan disingkap kehidupan bawah laut tersebut yang sampai.
  • Senin, 01 Februari 2021 - 22:36:28 WIB

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi

    Pembelajaran Ideal Anak saat Pandemi Pandemi COVID-19 membawa dampak besar pada dunia pendidikan di Indonesia. Sebagian besar sekolah memutuskan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar online dari rumah..
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 11:17:10 WIB

    Nobody Wants To Be Stupid

    Nobody Wants To Be Stupid Seorang guru menyampaikan dalam rapat. “Kelas saya adalah kelas istimewa”. Mencoba mengangkat posisi , dan semua orang sudah mengira kata istimewa adalah konotasinya positif. Yang terbayang adalah anak-anaknya kreatif, ra.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]