PKK bukan Tempat Arisan dan Pengajian


Sabtu, 26 Maret 2016 - 03:52:57 WIB
PKK bukan Tempat Arisan dan Pengajian SALAH satu kegiatan pkk sawahlunto.

SAWAHLUNTO, HALUAN — Gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) bukan tempat arisan dan pengajian ibu-ibu saja, tetapi merupakan wadah pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga sehat, mandiri dan sejahtera.

“Peran gerakan PKK ini, salah satunya melalui Ke­lompok Dasawisma yang me­rupakan unit terkecil PKK,” kata Ketua Gerakan PKK Sumatera Barat, Nevi Irwan Prayitno saat kunjungan pe­nilaian Ketua Kelompok Da­sawisma PKK Berprestasi 2016 di Sawahlunto, Kamis.

Menurutnya, Kelompok Dasawisma juga memiliki banyak manfaat di berbagai bidang, termasuk diantaranya bidang pemerintahan dan pembangunan.

“Di bidang pemerintahan, dengan adanya Kelompok Dasawisma, penduduk dalam satu RT/RW dapat tercatat secara akurat sehingga memu­dahkan sensus,” ujarnya.

Sementara dalam bidang pembangunan, Kelompok Dasawisma dapat membe­rikan sumbang saran untuk pembangunan tepat sasaran sesuai kebutuhan lingkungan dalam Musyawarah Peren­canaan Pembangunan (Mus­rembang) di tingkat desa atau nagari.

“Kelompok Dasawisma juga berperan dalam usaha perbaikan gizi keluarga dan keluarga berencana, sehingga benar-benar membantu tugas pemerintah,” sebutnya.

Menurutnya untuk me­nunjang keberhasilan, 10 prog­ram pokok PKK harus disinkronkan dengan program pemerintah.

Untuk memberikan peng­hargaan kepada Kelompok Dasawisama yang serius da­lam melaksanakan program­nya, maka menurutnya dilak­sanakan penilaian Ketua Ke­lompok Dasawisma PKK Ber­prestasi setiap tahun.

“Tahun ini, pelaksanaan penilaiannya kita seder­ha­nakan. Dalam penilaian kita tetapkan nominasi untuk enam Ketua Dasawisama ka­bupaten terbaik dan lima Ketua Dasawisama terbaik tingkat kota,” katanya.

Ia menjelaskan, pada per­temuan Ketua Dasawisma Berprestasi se-Sumbar 17 Maret lalu, telah dilakukan ujian tertulis untuk seluruh Ketua Dasawisma dari 19 kabupaten dan kota.

“Sawahlunto berhasil men­jadi salah satu nominasi, diwakili Dasawisma Sedap Malam. Hari ini kami lakukan kunjungan lapangan terhadap kegiatan yang telah dilakukan selama ini,” ujarnya.

Hasil kunjungan lapangan itu menurutnya akan menen­tukan terbaik I, II, III dan harapan.

Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf mengatakan, Dasa­wisma Sedap Malam telah berperan aktif dalam usaha untuk mensejahterakan ke­luarga di lingkungannya.

“Kami berharap, Dasa­wis­ma ini bisa menjadi yang terbaik di Sumbar,” lanjutnya. (h/*)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 12 Maret 2016 - 03:35:05 WIB

    PKK Sawahlunto Diminta Tingkatkan Peranan Tumbuhkan Home Industri

    SAWAHLUNTO, HALUAN— Walikota Sawahlunto Ali Yusuf meminta Tim Penggerak PKK agar meningkatkan peranannya untuk menumbuhkan industry rumah tangga, terutama industry songket Silungkang, dimana kerajinan tenun yang telah lama .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]