Adipura, 40 Titik Bintim Dinilai


Sabtu, 26 Maret 2016 - 03:55:30 WIB

BINTAN, HALUAN — Sekretaris Camat Bintan Timur (Bintim), Mujiono mengatakan sebanyak 40 titik lokasi di kawasan Bintim telah ditinjau oleh tim penilai Adipura dari Pusat. Pemantauan tersebut untuk melihat kondisi objektif di Kecamatan Bintim.

“Tim penilai memantau sejumlah sarana fisik lingkungan perkotaan baik dalam hal kebersihan maupun keteduhan lingkungan di kawasan Bintim,” ujar Mujiono, kemarin.

Ia menyebutkan indikator yang menjadi penilaian tak hanya sebatas kebersihan kawasan kota saja. Termasuk pengelolaan lingkungan non fisik yang meliputi manajemen dan daya tanggap masyarakat untuk kabupaten Bintan khususnya kawasan Bintan Timur.

Adapun yang menjadi target penilaian tim Adipura dari Pusat meliputi fasilitas umum, lingkungan sekolah, lingkungan perkantoran, lingkungan perumahan masyarakat, lingkungan pasar, lingkungan ruas jalan raya dan tempat tempat keramaian lainnya yang berjumlah 40 titik.

“Kita terus berusaha, ihtiar dan berdoa serta terus bekerja keras untuk memberikan yang terbaik untuk daerah kita. Kehadiran tim dari Jakarta dan Pekanbaru serta dari BLH Pemprov Kepri kemarin membuat saya cukup puas,” kata Mujiono.

Dijelaskan, indikator penilaian tim yang telah dipantau diharapkan bisa meyakini tim penilai agar  Bintan meraih kembali Piala Adipura yang pada tahun sebelumnya telah diraih. Apalagi pemerintah saat ini bersama masyarakat sangat komitmen untuk men­jaga lingkungan tetap bersih.

“Hal ini dapat kita lihat komitmen dan keseriusan dari Bupati Apri Sujadi serta Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam yang sangat tinggi untuk menjadikan Bintan sebagai daerah terbersih di tingkat Nasional tahun 2016,” ujar Mujiono. Menurutnya, peningkatan kesadaran bagi masyarakat dalam hal menjaga ling­kungan agar tetap bersih menjadi tolak ukur yang utama.

Dari 4 kelurahan dengan jumlah pen­duduk sekitar 39. 594 jiwa. Masing-masing kelurahan memiliki karakteristik pem­berdayaan masyarakat yang sangat tinggi. Hal ini, dapat dilihat dari kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkunganya. Apalagi dengan adanya pengelolaan bank sampah di Kecamatan Bintim sehingga masyarakat tidak di­repotkan lagi untuk berinvestasi dalam pengelolaan sampah. “Kita menginginkan lingkungan perkotaan yang bersih, hijau, teduh dan nyaman. Untuk meraih prestasi itu,  kita mesti kerja keras dan tetap menjaga komitmen dalam menjaga ke­bersihan lingkungan kita masing- masing,” ucapnya. (cw95)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]