Pemerintah Akan Revitalisasi Pelabuhan Penagi


Sabtu, 26 Maret 2016 - 03:56:22 WIB

NATUNA, HALUAN — Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Natuna, Amin mengatakan sebagian fokus pemerintah tahun ini mengarah ke revitalisasi Pelabuhan Pengai, Ranai sehingga pelabuhan tersebut bisa dioftimalkan oleh masyarakat dan pengusaha.

Dijelaskannya, dalam upaya ini pemerintah akan menyambungkan Pelabuhan Penagi ke arah Pelantar Kampung Penagi yang berjarak sekitar 100 meter.

“Salah satu fokus kita tahun ini memproses terealisasinya penyambungan pelabuhan penagi dan kampun Penagi itu. Kita akan bangun pelantar sekitar 100 meter sehingga pelabuhan ini tersambung dengan pelantar kayu yang ada di Penagi,” terang Amin di kantornya beberapa waktu lalu.

Upaya ini dilakukan untuk efektifitas pelayanan mayarakat di pelabuhan karena dengan tersambungnya pelabuhan dengan pelantar penagi masyarakat yang hendak bepergian bisa mengunakan dua jalur menuju pelabuhan yakni melalui jalan kantor Dishubkominfo dan jalan di perkampungan Penagi.

Selain itu, pada pelantar yang akan dibangun tersebu nelayan bisa bersandar di sekitar pelabuhan tanpa perlu jauh-jauh sehingga dapat mengurangi penumpukan kapal di pelabuhan.

“Manfaatnya banyak sekali, di antarnya jalur lalu lintas masyarakat akan semakin nyaman karena mereka juga bisa menggunakan jalan kampun Penagi. Kemudian nelayan kita juga bisa sandar di sambungan itu nanti,” paparnya.

Selain manfaat di atas, upaya revitalisasi pelabuhan itu juga dibangun diharapkan dapat mensuport pelabuhan Ron On Ron Of (Roro) yang dicanangkan pemerintah.

“Pelantar ini juga nanti bisa menjadi suport pelabuhan Roro, karena nanti masyarakat pulau akan terkumpul di pelabuhan ini jika hendak berpergian ke luar daerah sesui jurusa kapal Roro,” ungkapnya.

Menganai anggaran, Amin mengaku belum bisa menyampaikannya kepada khalayak karena kegiatan ini masih dalam proses, “kita masih godok rencananya, jadi kalau anggaran nanti dulu. Semoga saja tahun depan bisa mulai di bangun,” pungkasnya. (fat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 11 Maret 2016 - 03:45:55 WIB
    Soal Kabut Asap

    4 Perwakilan Gugat Pemerintah

    PEKANBARU, HALUAN — Em­pat orang yang mewakili ke­penting­an hukum masyarakat Riau secara resmi mengajukan gugatan Citizen Law Suit atau gugatan warga negara terkait permasalahan asap, ke Penga­dilan Negeri Pekanbaru, K.
  • Rabu, 17 Februari 2016 - 03:10:24 WIB

    Pemerintah akan Buat Kawasan Tanpa Rokok

    PEKANBARU, HALUAN — Pemerintah Kota Pekanbaru akan membuat ruang khusus bagi para pegawai perokok di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah di lingkungannya..
  • Selasa, 09 Februari 2016 - 03:26:04 WIB
    Akademisi Natuna

    Nilai Pemerintah Diskriminatif

    NATUNA, HALUAN — Ketua STAI Natuna, Umar Natuna menilai pemerintah pusat perlahan mulai mengeluarkan kebijakan yang terkesan diskriminatif dalam hal alokasi dana ke daerah. Kebijakan semacam itu terlihat pada alokasi DBH Mi.
  • Sabtu, 19 Desember 2015 - 03:04:51 WIB
    Save Meranti

    Pemerintah Diminta Programkan Atasi Bahaya Abrasi

    SELATPANJANG, HALUAN — Kepulauan Meranti sebagai daerah pesisir terdiri empat pulau besar dari satu pulau kecil. Dua pulaunya menghadap ke Selat Malaka. Yakni Pulau Rangsang dan Pulau Merbau, dengan garis pantai yang membuj.
  • Kamis, 03 September 2015 - 19:19:49 WIB

    Oknum di Pemerintah dan Dewan Diduga Banyak Terlibat

    DUGAAN KORUPSI DANA BANSOS BENGKALIS

    PEKANBARU, HALUAN — Pernyataan me­ngejutkan datang dari kuasa hukum mantan Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Jamal Abdillah, Saut Maruli Tuan Manik. Menu­rutny.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]