Gapki: Industri Sawit 2016 Akan Tumbuh Positif


Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:00:45 WIB

Jakarta Haluan —  Ga­bungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menilai bahwa kondisi industri sawit pada 2016 akan mulai tumbuh positif jika di­banding­kan dengan tahun sebelumnya, salah satunya didorong dengan mulai naiknya harga ko­mo­ditas tersebut.

“Kita punya harapan positif tahun 2016 ini. Harga sudah mengalami kenaikan,” kata Ketua Umum GAPKI Joko Supriyono, di Jakarta, Kamis (24/3).

Menurut Joko, harga ko­mo­ditas crude palm oil (CPO) diharapkan bisa menyen­tuh angka 700 dolar AS per metrik ton. Tercatat, harga CPO hari ini Kamis (24/3) sebesar 705,00 dolar AS di Rotterdam untuk pengiriman April 2016.

Jika dilihat dari tahun lalu, lanjut Joko, untuk kinerja ekspor sendiri secara volume mengalami peningkatan men­jadi kurang lebih sebanyak 26,3 juta ton. Hal tersebut berarti lebih dari 70 persen dari total produksi dalam negeri mampu menembus pasar dunia.

“Untuk volume cukup ba­gus, namun jika dilihat dari nilai mengalami penurunan. Tahun 2015 tercatat senilai 18,6 miliar dolar AS, se­men­tara di tahun sebelumnya ku­rang lebih senilai 20 miliar dolar AS,” ujar Joko.

Menurut Joko, jika dilihat secara keseluruhan ekspor non migas Indonesia yang men­capai 137,73 miliar dolar AS pada 2015 lalu, maka sekitar 13,5 persen dari total ekspor non migas Indonesia adalah sawit dengan nilai mencapai 18,6 miliar dolar AS.

Joko menambahkan, dari total nilai ekspor sawit tersebut sesungguhnya belum men­cakup semua produk-produk turunan sawit. Perhitungan itu hanya untuk CPO, Olein dan palm kernel oil (PKO).

“Produk turunan masih belum, akan kita perbaiki dengan BPS. Semua HS dan kelompok turunan itu harus masuk ke data, jadi nantinya akan lebih tinggi dari ekspor migas,” tutur Joko.

Menurut Joko, pasar eks­por CPO dari Indonesia ma­sih terkonsentrasi ke beberapa negara seperti India, Tiong­kok, Eropa, Pakistan, Bang­ladesh dan Timur Tengah. (h/ant)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]