KONI Sumbar Pantau Perkembangan Atlet Lewat Tes Fisik


Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:06:25 WIB
KONI Sumbar Pantau Perkembangan Atlet Lewat Tes Fisik Atlet Sumbar sedang melakukan tes fisik yang digelar oleh KONI Sumbar di gedung serbaguna KONI Sumbar. Tes fisik ini salah satu sarana KONI Sumbar untuk memantau perkembangan atlet menuju PON.

PADANG, HALUAN — Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Barat kembali mengadakan tes fisik tahap kedua, 24-25 Maret. Tes fisik ini merupakan salah satu program dari KONI Sumbar untuk mempersiapkan atlet menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 di Bandung Jawa Barat.

Sebelumnya KONI Sumbar juga sudah melakukan tes fisik tahap pertama. “Ini merupakan lanjutan tes fisik tahap pertama lalu. Kami akan memperhatikan perkembangan fisik atlet melalui tes fisik ini,”ujar Wakil Ketua II KONI Sumbar Handrianto, kemarin.

Untuk tes fisik ini sendiri akan dilakukan sebanyak tiga tahap. Untuk tahap ketiga diperkirakan akan  digelar bulan Juni. Hasil tes fisik ini akan menjadi rekomendasi bagi KONI Sumbar untuk mencoret alet dan tidak diberangkatkan ke PON.

“ Jika hasil tes fisik mereka selalu menurun maka akan kami coret mereka. Sebab hasil tes fisik ini merupakan salah satu indikator kami untuk mencoret atlet,”jelasnya lagi.

Lebih jauh dirinya mengatakan jika hasil tes fisik atlet kedua ini mengalami penurunan dari tes fisik tahap pertama lalu, maka akan dipertanyakan keseriusan si atlet dalam mempersiapkan diri. “Ada beberapa standar hasil tes fisik bagi atlet. Misal untuk cabang bela diri mereka harus mampu mencapai standar fisik tersebut. Namun standar tersebut tidak sama setiap cabangnya,”ungkapnya.

Mengenai belum cairnya anggaran KONI sehingga belum bisa membayarkan uang pembinaan bagi atlet, Handrianto mengatakan agar Pengprov dan atlet bisa melakukan swadanya untuk menanggulangi biaya atlet latihan. Dengan belum cairnya uang pembinaan tersebut membuat atlet dalam latihan banyak terkendala asupan gizinya. Asupan gizi atlet yang lengkap hanya saat latihan bersama yang digelar pada Rabu dan Sabtu.

“Memang uang pembinaan tersebut belum cair. Namun nanti akan dibayarkan. Hal itu harap dimaklumi saja. Jadi untuk saat ini atlet dan Pengprov harus bisa melakukan swadaya terlebih dahulu,”bebernya.

Handrianto mengharapkan kepada atlet untuk fokus mempersiapkan diri  menghadapi PON ini. “Kami mengharapkan para atlet fokus mempersiapkan diri. Jika mereka tidak fokus sama saja mereka dengan membuang-buang waktu,”jelasnya. (h/san)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]