Ade Rezki: Dana Nagari Meningkat


Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:19:11 WIB

Agam, Haluan — Anggota DPR RI dari Partai Gerindra Dapil V Sumbar Ade Rezki Pratama mengatakan, dana nagari yang akan dikucurkan tahun 2016 ini meningkat cukup tajam untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di tingkat nagari.

Kabupaten Agam me­miliki 82 nagari terakhir menerima kucurkan dana dari pemerintah pusat seki­tar Rp285 juta hingga Rp­300 juta, ke depan jumlah ini mengalami kenaikan tergantung kondisi daerah­nya masing-masing,” kata Ade Rezki pada pembu­kaan sosialisasi kebijakan dana desa tahun 2016 oleh Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, di aula kantor bupati itu, Rabu (23/3).

Dikatakan Ade anggota DPR RI termuda asal Bu­kit­tinggi itu, dana desa me­ru­pakan himpunan dari Pa­jak Masyarakat yang diarah­kan memperkuat otonomi daerah dan dalam rangka meningkatkan peran serta dan tanggungjawab peme­rin­tah daerah dalam menye­lenggarakan urusan peme­rintah untuk pembangunan daerah masing-masing.

Sementara itu pada hari yang sama juga berlangsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan(Musrenbang) Ren­cana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang di­buka oleh Bupati Agam Indra Catri di aula kantor Badan Perencanaan Pem­bangunan Daerah (Baped­da) Agam.

Pada acara Musrenbang juga hadir Ade Rezki Pra­tama, anggota DPR RI dari fraksi PKS Refrizal dan anggota DPRD Sumbar Aris­to Munandar, Muspida Plus serta seluruh kepala SKPD di lingkungan Pem­kab Agam.

Refrizal menyatakan, pihaknya siap mendukung program-program pe­me­rintah daerah yang sudah menjadi RKPD dan siap memberikan bantuan kepa­da pemerintah daerah, baik melalui APBN ataupun DAK yang telah diatur dan sesuai dengan prosedurnya.

Refrizal berharap, mela­lui Musrenbang pemerintah besama masyarakat agar saling berdiskusi dengan tujuan agar perencanaan pembangunan berke­lan­ju­tan bisa terwujudkan.

Semenatara Bupati Agam Indra Catri menyam­pai­kan harapannya kepada anggota DPRD Kabupaten Agam agar semua program dan kegiatan yang akan di­alo­kasikan di dalam APBD 2017 yang akan datang ha­rus tercantum didalam RK­PD. “Kepada kawan-kawan di legislatif, inilah saatnya untuk memasukkan usulan-usulan kegiatan sehingga pada waktu pembahasan di dalam APBD tidak ada lagi usulan dadakan di luar RKPD” harap bupati.

Musrenbang tersebut menghadirkan nara sumber Prof. Firwan Tan, Prof. El­fin­dri, Prof. Helmi dan Ke­pala Bidang Ekonomi Bap­pe­da Provinsi Sumbar. (h/ks)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]