Unitas Segera Punya Gedung Baru


Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:20:22 WIB
Unitas Segera Punya Gedung Baru

PADANG, HALUAN — Da­lam penyelenggaraan pen­di­dikan, Tamansiswa berang­kat atas asas bakti pada ibu pertiwi. Untuk itu, pengem­ba­ngan sarana fisik dan non-fisik dalam penye­leng­ga­raan pendidikan, tidak se­ma­ta-mata meningkatkan jumlah siswa-mahasiswa didik, namun juga mening­katkan semangat nasio­na­lisme melalui upaya pencer­dasan kehidupan bangsa.

Hal itu disampaikan Ke­­­tua Umum Majelis Luhur Ta­mansiswa, Ki Prof Sri-Edi Swasono, dalam sam­bu­tan­nya pada acara peleta­kan ba­tu pertama pem­ba­ngunan ge­dung perkuliahan baru Uni­versitas Taman­sis­wa (Uni­tas) di Padang, Jumat (25/3).

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

“Ibu pertiwi sedang diuji sa­at ini. Indonesia sedang tak berdaulat. Tugas Taman­sis­wa adalah berbakti dan me­nularkan kembali se­ma­ngat pengabdian untuk me­ra­ih kedaulatan kembali me­­lalui jalan pendidikan,” ka­tanya. Dalam naskah pro­kla­masi, lanjutnya, Prokla­ma­tor Bung Hatta sebagai pe­ru­mus menyebutkan bah­­­­wa tugas setelah ke­mer­­de­kaan diproklamirkan adalah men­­cerdaskan ke­hi­du­pan bang­sa, bukan se­ke­dar men­­­cerdaskan otak.

“Hal itu senada dengan pesan Ki Hajar Dewantara pada 1948, bahwa tugas Tamansiswa adalah men­cer­daskan dan menasionalkan anak bangsa. Pendirian ba­ngu­nan baru adalah bukti kita menjalankan pesan tersebut,” ucapnya lagi.

Baca Juga : 112 Orang Terima SK Pengangkatan di Lingkungan Pemko Padang, Terbanyak Formasi Guru

Gubernur Sumbar, Ir­wan Prayitno, dalam kesem­pa­tan yang sama menyam­pai­kan bahwa pe­nye­leng­garaan pendidikan di Indo­nesia tidak bisa bergantung pada sekolah dan uni­versitas yang dikelola pemerintah saja. Oleh karena itu, keha­diran pihak swasta sangat penting dalam upaya men­cer­daskan kehidupan bang­sa melalui pendidikan.

“Sudah menjadi kewa­ji­ban pemerintah untuk me­me­­nuhi kebutuhan pen­di­di­kan seluruh masyarakat. Ta­pi pemerintah tidak akan da­pat melakukannya de­ngan maksimal tanpa ban­tuan swasta. Apa yang dila­kukan sejauh ini oleh Ta­man­siswa sangat besar pe­nga­ruhnya bagi Indonesia,” ucapnya.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Jumat 05 Maret 2021

Irwan juga memuji pres­tasi Unitas yang menjadi Perguruan Tinggi (PT) ter­baik di antara sekian banyak PT di bawah Kopertis Wila­yah X. Menurutnya, hal ini merupakan suatu kebang­gaan bagi warga Sumbar, dan berharap agar ke depan Unitas makin mening­kat­kan prestasi tersebut.

Terkait pembangunan ge­dung perkuliahan baru Uni­tas, Gubernur berjanji akan berusaha maksimal men­cari peluang yang dapat mem­bantu penyelesaian pem­bangunan. Namun, ia te­tap mengajak semua pihak un­tuk bersama-sama men­ca­­ri celah bantuan agar pengerjaannya bisa disele­saikan tepat waktu.

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

“Anggaran pemerintah untuk pendidikan sangat besar, meskipun terbagi ke beberapa sektor yang sama pentingnya. Bagaimanapun, tentu akan kita usahakan bantuan untuk penyelesaian gedung Unitas yang baru ini,” katanya lagi.

Dalam sambutannya, Rektor Unitas Padang, Ir­wan­di Sulin mengatakan bahwa gedung perkuliahan baru terdiri dari tiga lantai. Ditargetkannya, dalam pe­ne­rimaan murid baru nanti, Unitas bisa memiliki maha­siswa di atas 2.000 orang. “Saat ini kita fokus pada pengembangan sarana un­tuk menampung jumlah ma­ha­siswa yang lebih ba­nyak. Di samping itu, kita tetap fokus pada pengem­ba­ngan akademis demi pening­katan lulusan,” ucapnya.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung per­ku­­liahan Unitas sendiri dilakukan secara bergan­tian oleh Gubernur Sumbar, Ketua Majelis Luhur Ta­man­­­siswa, Rektor Unitas dan Ketua Yayasan Univer­si­­tas Tamansiswa Irwandi Yu­suf. (h/isq)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]