Operasi Bersinar 2016

Polda Riau Amankan 27 Tersangka Narkoba


Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:24:43 WIB
Polda Riau Amankan 27 Tersangka Narkoba

PEKANBARU, HALUAN—Sejak dimulainya Operasi Bersinar pada Senin (21/3), Kepolisian Daerah Riau dan jajaran berhasil menga­man­kan 27 tersangka kasus nar­ko­tika, dari 20 Laporan Polisi. Jajaran Polresta Pe­kan­baru merupakan satuan wilayah yang tertinggi me­la­kukan pengungkapan.

Demikian diungkapkan Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes Pol Hermansyah, Jumat (25/3). Dikatakan Hermansyah, angka tersebut masih ber­sifat sementara, karena pe­lak­sanaan Operasi Bersinar ini masih berjalan selama 3 minggu ke depan.

Baca Juga : Sejak Awal Lebaran, Masuk ke Pantai Tiram Berbayar

“Sejauh ini, sudah ada 20 LP (Laporan Polisi,red) dengan 27 tersangka. Ini masih sementara,” ungkap Hermansyah.

Lebih lanjut, mantan Kabid Humas Polda Riau tersebut mengakatakan ka­lau jajaran Polresta Pekan­baru merupakan Satwilkum tertinggi yang melakukan pengungkapan. “Disusul Polres Dumai,” lanjut Her­mansyah.

Baca Juga : Sumatera Adventure Bisa Menjadi Lokomotif Ekonomi Baru 

Sementara terkait ba­rang bukti yang telah di­aman­kan, Hermansyah me­n­yebut masih didominasi oleh narkotika jenis sabu-sabu. “Juga terdapat ekstasi, dan daun ganja,” tukas He­r­manyah.

Dalam kesempatan ter­se­but, Hermansyah meng­himbau agar masyarakar menjauhi narkoba. Karena itu sangat merusak dan merugikan. Sementara, bagi yang sudah terlanjur meng­gunakan, Hermansyah me­ng­himbau agar segera mela­por ke Institusi Penerima Wajib Lapor, untuk di­re­habilitasi atau diobati.

“Masyarakat juga dapat memberikan infornasi jika mengetahui peredaran gelap narkoiba, baik yang ada di tempat tinggalnya maupun di tempat lainnya,” pungkas Hermansyah.

Terpisah, Kepala Satuan Rerserse Narkoba Polresta Pekanbaru, Kompol Iwan Lesmana Riza, menyebut kalau pihaknya telah me­nga­mankan 14 tersangka narkoba dari 9 LP yang diterima.

“Untuk upaya pe­ninda­kan pada Operasi Bersinar tahun ini, target kita adalah bandar (narkoba),” sebut Iwan.

Pada Operasi Bersinar ini, sebut Iwan, Polda Riau menargetkan untuk dapat menindak 2 orang bandar per pekannya. Namun, ber­da­sa­kan instruksi Ka­pol­resta Pekanbaru, Kombes Pol Aries Syarif Hidayat, pihaknya ditargetkan untuk dapat meringkus 4 orang bandar narkoba setiap pe­kannya. “Dalam minggu ini kita sudah menangkap 5 orang bandar,” tukas Iwan.

Lebih lanjut, dalam pe­lak­sanaan Operasi Bersinar kali ini, jajaran kepolisian selelu bersinergi dengan instansi terkait lainnya, se­per­ti BNN, TNI, Ke­men­kum­ham, dan institusi lainnya.

“Semua pihak agar bahu membahu agar Riau ini bebas dari narkoba,” tandas­nya. (hr/dod)

BERITA POPULER Index »


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]