20 Sapi di Tiku Mati Terserang Jembrana


Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:30:59 WIB

AGAM, HALUAN — Sejak Januari sampai Maret lebih kurang lebih kurang 20 ekor sapi bali milik warga Nagari Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, mati mendadak. Ternak masyarakat tersebut mati diduga kuat akibat virus jembrana.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesmavet, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Agam, Farid Muslim di Lubuk Basung, Kamis (24/3) membenarkan jika puluhan sapi milik warga di Tiku mati terserang virus. Untuk mengantisipasi terjangkit kepada sapi lainnya, pihaknya telah memberikan vaksinasi secara gratis.

Ia mengatakan, pemberian vaksin kepada sapi tidak hanya dilakukan pada Kecamatan Tanjung Mutiara. Namun juga diberikan kepada sejumlah kecamatan lain seperti, Palembayan, Lubuk Basung, Ampek Nagari dan Tanjung Mutiara. Akibat kejadian ini, warga mengalami kerugian sekitar Rp200 juta dengan harga sapi sebesar Rp10 juta per ekor.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan sampel darah di laboratorium, sapi tersebut positif terjangkit virus Jembrana. Pada umumnya sapi bali ini ditemukan mati ketika digembalakan di dalam kawasan perkebunan kelapa sawit milik perusahaan dan warga, karena pemilik tidak mengikat sapi mereka.

“ Kita sudah memberikan vaksin agar tidak menyebar ke­pada sapi bali lainnya secara lebih luas lagi. Vaksin berfungsi untuk mematikan virus tersebut,” katanya

Ia menjelaskan, virus jem­brana ini hanya menyerang pada sapi jenis bali.

Ciri-cirinya seperti leher, paha sapi berbintik merah, de­mam tinggi dan keluar keri­ngat darah. Pada akhir Desember 2015, kasus kematian sapi bali juga terjadi di Tiku Lima Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Populasi sapi Bali di Kabu­paten Agam cukup banyak, jum­lah­nya mencapai lebih kurang sebanyak 5.000 ekor. (h/yat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]