Kerugian Akibat Banjir dan Longsor Rp52 Miliar


Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:33:16 WIB
Kerugian Akibat Banjir  dan Longsor Rp52 Miliar DUA rumah di Tunggul Hitam Padang terendam banjir. Kerugian akibat banjir Selasa (23/3) lalu di Kota Padang mencapai Rp27 miliar.( RIVO SEPTI ANDRIES)

PADANG, HALUAN — Badan Penanggulangan Bencana Dae­rah (BPBD) Sumbar mencatat total kerugian akibat bencana banjir dan longsor di enam Kabupaten/Kota kemarin men­capai 52 miliar. Kota Pa­dang terdata yang paling besar total kerugiannya mencapai Rp27 miliar.

Kepala BPBD Sumbar Zul­fiatno melalui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Lo­gistik BPBD Sumbar Pagar Negara mengatakan, hanya tiga daerah terdampak yang baru menyampaikan data kerugian akibat banjir dan longsor  yang terjadi pada Selasa, (22/3). Sementara tiga daerah lainnya masih melakukan pendataan di lapangan.

“Data yang masuk baru dari Kota Pariaman dengan kerugian Rp25 miliar, Kota Padang sebesar Rp27 miliar dan Kabupaten Agam dengan kerugian Rp800 juta. Saat ini kita masih menunggu tiga daerah lainnya,” katanya ke­pada Haluan Jumat, (25/3) sore melalui sambungan tele­pon dari Padang.

Sementara untuk masa tang­gap darurat bencana diber­lakukan selama 14 hari ke depan dari hari Selasa lalu. Untuk Kota Padang itu tujuh hari sampai Senin depan.

“Kita selama tanggap daru­rat ini masih terus menyuplai logistik ke titik yang parah. Baik itu berupa makanan siap saji, pakaian, obat-obatan dan juga bantuan air bersih dengan menggunakan tanki air,” terangnya.

Sedikitnya BPBS Sumbar menyalurkan 15 tanki air untuk memberikan air bersih kepada warga. “Ada juga tanki yang kita kirim untuk membersihkan lum­pur yang dibawa banjir ke pemu­kiman,” tandasnya.

Selain itu, BPBD Sumbar juga tengah mengusahakan ban­tuan dari BNPB. Mengingat masih dibituhkannya bantuan oleh rakyat.

“Ada 15 paket yang kita aju­kan ke BNPB untuk segera ditu­runkan. Paketnya beruapa pa­kaian, tenda, makanan siap saji, penambah gizi, obat-obatan dan logistik lainnya. Diharapkan bantuan senilai Rp300 juta ini bisa segera turun,” tandasnya.

BPBD juga mengimbau ke­pada warga untuk tetap waspada pada kondisi cuaca saat ini. Karena dari indormasi BMKG hujan lebat masih akan meng­guyur Sumbar dan Kota Padang terutama. “Kita imbau warga yang berada di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) dan daerah rawan bencana lainnya tetap waspada,” katanya. (h/isr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 14 September 2016 - 13:51:33 WIB

    Kebakaran di Pusat Kota Padang, Kerugian Mencapai Rp 1,5 Miliar

    Kebakaran di Pusat Kota Padang, Kerugian Mencapai Rp 1,5 Miliar PADANG, HALUAN--Kebakaran yang melanda sejumlah bangunan di Jalan Proklamasi, Kota Padang menyebabkan kerugian besar..
  • Sabtu, 03 September 2016 - 14:35:03 WIB

    Si Gulambai Timbulkan Kerugian Rp60 Juta

    Si Gulambai Timbulkan Kerugian Rp60 Juta Api nan menggila, menghanguskan kedai yang ada di pinggir jalan. Ini yang membuat buncah. Tak berselang lama, dua mobil pemadam kebakaran datang. .
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 15:37:08 WIB

    Irigasi Jebol, Petani Ikan Balai Gadang Alami Kerugian Rp1 Miliar

    Irigasi Jebol, Petani Ikan Balai Gadang Alami Kerugian Rp1 Miliar PADANG, HALUAN--Akibat kekeringan, petani ikan di Balai Gadang, mengalami kerugian mencapai Rp1 miliar lebih. Hingga Jumat (5/8), para petani itu masih mengeluhkan belum adanya penanggulangan irigasi dari pemerintah..
  • Rabu, 22 Juni 2016 - 16:52:21 WIB

    Kerugian Akibat Kebakaran Hotel Mariani Belum Dihitung

    Kerugian Akibat Kebakaran Hotel Mariani Belum Dihitung PADANG, HALUAN - Para pengunjung dan penghuni hotel Mariani yang terletak di Jalan Bundo Kanduang Nomor 35 Kelurahan Belakang Tangsi Kecamatan Padang Barat ini seketika berhamburan keluar setelah api keluar dari hotel tersebu.
  • Sabtu, 04 Juni 2016 - 05:26:52 WIB

    Kerugian Gempa Capai Rp15 M

    Kerugian Gempa Capai Rp15 M PADANG, HALUAN — Ba­dan Penanggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Sumbar menaksir kerugian akbat gempa 6,5 SR Kamis (2/5) pagi kemarin mencapai Rp15 miliar lebih. Nilai ini dihitung dari banyaknya rumah yang terdampak gempa..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]