Di Kabupaten Sijunjung

Realisasi Dana Desa 2015 Hampir 100 Persen


Sabtu, 26 Maret 2016 - 13:03:47 WIB

SIJUNJUNG, HALUAN — Program Dana Desa di Kabu­paten Sijunjung berjalan baik, bahkan boleh dikatakan suk­ses. Buktinya, realisasi pe­ngu­naan dana desa Tahun 2015 di Ka­bupaten Sijunjung hampir men­capai 100 persen. “Rea­li­sasi pengunaan dana desa ta­hun 2015 di Kabupaten Si­jun­­jung sebesar 99,38 persen,” ka­ta Sekretaris Daerah Kabu­pa­ten Sijunjung, AT Rohendi di­hadapan anggota DPR RI, Epy­­ar­di Ada dan pejabat Ke­men­trian Keuangan RI, Ke­men­trian PDT dan Trans­mi­grasi, Kemen­trian Dalam Nege­ri ketika membuka sosialisasi ke­bijakan dana desa di Balai­rung Lansek Manih, Rabu (23/3).

Tahun 2015 lalu, sambung At Rohendi, Kabupaten Si­jun­jung menerima dana desa se­besar Rp18,156 Milyar.Dari jum­lah itu, sebut Sekdakab Si­junjung, terealisasi sebesar Rp18,004 Milyar atau 99,38 per­sen.

Realisasi sebesar itu, jelas dia, digunakan untuk meng­ge­rakan pembangunan desa/naga­ri dan pemberdayaan masya­ra­kat.” Realisasi penggunaannya tersebar diseluruh jorong di Kabupaten Sijunjung,” jelas Sekdakab Sijunjung dalam sosialisasi yang juga dihadiri Kepala SKPD, Camat dan Walinagari.

Kepala Badan Pem­ber­da­yaan Masyarakat dan Peme­rin­tahan Nagari Kabupaten Sijun­jung, Medison mengatakan, ting­ginya realisasi pengunaan dana desa di kabupaten berju­luk ranah lansek manih, tak lepas dari komitmen bersama Pemerintah Kabupaten Sijun­jung dan DPRD dalam pelak­sanaan UU Desa.

Selain membangun komit­men dengan seluruh stake­horder, sambung Medison, dari sisi penyiapan aturan, penye­le­saian Anggaran Pendapatan Belanja Nagari (APB Nagari) dan pelaksanaan kegiatan, le­bih cepat sehingga program dana desa di Sijunjung berjalan baik.”Tingginya realisasi ini tak lepas dari komitmen kita bersama, baik dalam menyiap­kan aturan, penyelesaian APB Nagari dan pelaksanaan kegia­tan lebih cepat,” jelas Medison kepada Haluan melalui tele­pon selularnya.

Tak hanya itu saja, dalam pengawasan kegiatan fisik, Pemkab Sijunjung juga meli­batkan seluruh aparat Dinas Pe­kerjaan Umum (PU), Kepo­li­sian dan Kejaksaan menga­wa­si pelaksanaan kegiatan fisik di seluruh jorong.

Sementara itu Wali Nagari Padang Laweh, Rusdi Antoni menuturkan, nagari yang di­pim­pinnya mendapat alokasi dana desa tahun 2015 sebesar Rp310 juta.Sementara realiasi penggunaan dana desa tersebut mencapai 100 persen.

“Realisasi penggunaan da­na desa tahun 2015, mencapai 100 persen, dan laporannya sudah kami sampaikan ke Pemkab Sijunjung,” ucap man­tan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung periode 2009-2014.

Rusdi Antoni mengatakan, dana desa diwilayah dipakai untuk kegiatan fisik, seperti pembangunan jalan di sejumlah jorong. Selain kegiatan fisik juga terdapat program pem­ber­dayaan masyarakat, seperti kegiatan kepemudaan. (h/azn)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]