Parkir Sembarangan, Mobil Diderek Dishub


Sabtu, 26 Maret 2016 - 13:07:06 WIB

PADANG, HALUAN — Dinas Perhubungan Kota Padang akan menderek setiap ken­daraan yang parkir sembarangan dan memakai badan jalan. Walaupun cara itu dinilai tidak akan bisa menghentikan prilaku pengendara untuk parkir sem­barangan tempat, paling tidak efek jera bagi yang lainnya.

“Saat ini kami masih melakukan pe­ngem­pesan ban kendaraan parkir sem­barangan, kedepannya kami akan mela­kukan penderekan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Padang, Rudi Rinaldi di Padang

Menurutnya, hal tersebut dilakukan untuk memberikan efek jera terhadap setiap pengendara yang memarkir kendaraannya di sembarang tempat, apalagi di kawasan dilarang parkir. Sebab, sudah mengganggu ketertiban umum.

Untuk saat ini, ia menyebut penerapan pengempesan ataupun penderekan dila­kukan di kawasan tertib lalu lintas, seperti Jalan Khatib Sulaiman, Jati dan Sudirman.

“Kami akan derek mobil yang parkir sembarangan itu ke kantor polisi ataupun dinas perhubungan, karena sudah melaukan kesalahan sehingga langsung ditilang,” ujarnya.

Sementara untuk kawasan lain-lain yang tidak ada tempat parkir, katanya masih dibolehkan parkir tentunya dengan pe­ngawasan. “Kalau tempat tersebut sudah melebihi kapasitas untuk pemakaian parkir, kami akan melakukan pendekatan kepada pemilik kendaraan untuk tidak memaksa parkir di tempat tersebut,” jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk pengempesan ataupun penderekan nantinya akan terus dilakukan sampai lalu lintas tertib, agar tidak ada lagi yang parkir sembarangan.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Padang mendukung langkah tegas dishubkominfo melakukan pengem­pesan ban ataupun penderekan kendaraan yang parkir sembarangan. “Kami meng­apresiasi tindakan tegas tersebut, namun dishubkominfo harus konsisten dengan menerapkannya secara berkelanjutan dan tidak memilih-milih,” katanya.

Menurutnya, Dishubkominfo juga perlu menerapkan hal serupa di titik-titik lainnya, seperti di sepanjang Jalan Veteran karena juga menganggu arus lalu lintas serta pejalan kaki. (h/ows)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 November 2019 - 10:29:29 WIB

    Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang?

    Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang? PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Permasalahan parkir masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Untuk mengatasi itu, rencananya Pemko Padang akan menjalankan parkir berlangganan di Kota Padang. .
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 19:12:43 WIB

    Gagal, Pemko Padang Siap Ambil Alih Lahan Parkir Meter

    Gagal, Pemko Padang Siap Ambil Alih Lahan Parkir Meter PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gagalnya program parkir meter di Kota Padang membuat pungutan parkir manual kembali berkuasa. Namun, dalam waktu dekat pemerintah kota (pemko) akan mengambil alih dengan cara kontrak dengan petugas .
  • Kamis, 26 September 2019 - 17:20:12 WIB

    Ternyata Ini Penyebab Parkir Meter Resmi Dihentikan di Padang

    Ternyata Ini Penyebab Parkir Meter Resmi Dihentikan di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) resmi memberhentikan parkir meter yang selama ini terkatung. Pasalnya, pihak ketiga parkir meter tersebut sudah menyerahkan secara hukum ter.
  • Ahad, 16 Juni 2019 - 23:29:52 WIB

    Belum ada Solusi, Rencana Gedung Parkir Baru di Padang Masih Tunggu Investor

    Belum ada Solusi, Rencana Gedung Parkir Baru di Padang Masih Tunggu Investor PADANG, HARIANHALUAN.COM - Minimnya lahan parkir di Kota Padang, Dinas Perhubungan (Dishub) rencananya akan segera bangun gedung parkir di pangkalan angkot samping Polresta Padang. Namun, saat ini pemko Padang masih mencari i.
  • Selasa, 11 Juni 2019 - 18:02:29 WIB

    Dishub Padang Inginkan Seluruh Parkir Dikelola Pihak Ketiga

    PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang merencanakan seluruh parkir di Kota Padang bisa dikelola oleh pihak ketiga nantinya, baik dari perusahaan daerah atau perusahaan swasta. Keinginan ini untuk m.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]