Anak Kolong Tak Harus Nakal


Senin, 28 Maret 2016 - 02:51:50 WIB

PADANG PANJANG, HALUAN — Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) mengeluarkan ST nomor 53 Tahun 2016, untuk memberdayakan kembali Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan (FKPPI) dan Pemuda Panca Marga (PPM) mulai dari tingkat pusat hingga daerah.

Kepala Staf Distrik Militer (Kasdim) 0307/TD Mayor.Inf Hendra Bagus Arioko, mengatakan, Sebagai antisipasi maraknya kasus kekerasan dan kriminal yang terjadi di lingkungan TNI dan melibatkan anak-anak dari personil TNI yang biasa disebut “Anak Kolong”,  menjadi salah satu alasan penting untuk kembali memberdayakan organisasi FKPPI dan PPM tersebut.

“Anak kolong itu, tidak harus nakal, bertato dan preman. Saat ini, sudah banyak yang menyusupi organisasi anak-anak TNI, seperti penyalahgunaan narkoba dan kepentingan organisasi-organisasi tertentu yang bisa memecah belah persaudaraan. Melalui organisasi ini lah, kita bisa menjalin komunikasi dan membina putra-putri kita,  agar mereka tidak terpengaruh dengan perbuatan-perbuatan yang bisa merugikan diri sendiri, termasuk juga mengarahkan mereka untuk tidak menjadi rongrongan pihak-pihak lain yang mengancam keutuhan NKRI,” ujar Kasdim 0307/TD Mayor.Inf Hendra Bagus Arioko, saat membuka kegiatan pertemuan FKKPI dan PPM di lingkungan Kodim 0307/TD bertempat di aula Koramil 01 Padang Panjang, Minggu (20/3) kemarin.

Arioko juga tidak menampik, vakumnya organisasi FKKPI dan PPM juga cukup berimbas terhadap peningkatan pelanggaran hukum yang dilakukan anak-anak TNI maupun lembaga keamana negara lainnya. Karena, mereka merasa tidak terwadahi dan mendapat pembinaan dengan baik.

“Dengan aktifnya kembali organisasi FKKPI dan PPM ini, tentunya akan memberikan dampak yang cukup besar dalam pembinaan generasi kita. Kita selaku Pembina kedua organisasi itu juga akan mencoba melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait, sehingga potensi yang kita miliki bisa disalurkan dengan baik, “ sebut Arioko.

Pada pertemuan yang bertema “ Me­n­jadikan FKPPI dan PPM Menjadi Ormas Masa Depan yang Mampu Mengedepankan Kepentingan Bangsa” itu, dihadiri puluhan anggota FKPPI dan PPM Cabang Pad­angpanjang, Batipuah dan X Koto (Pabasko).

“Selain pengenalan organisasi kepada anak-anak kita yang baru tergabung, kita juga membekali mereka dengan ilmu pengetahuan tentang ideology bangsa dan pemahaman Pancasila yang disampaikan oleh sejumlah Danramil dari Kodim 0307/TD,” ungkap Arioko.(h/mg-pis)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]