DPRD Setujui Tujuh Ranperda Menjadi Perda


Senin, 28 Maret 2016 - 02:53:44 WIB

SOLSEL, HALUAN — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) menyetujui tujuh Ranperda yang diusulkan pemerintah setempat menjadi Perda. Plt Ketua DPRD, Ali Sabri Abas, saat sidang paripurna mengatakan, per­setujuan tujuh Ranperda menjadi Perda ini dengan catatan dan penyempurnaan sesuai dengan laporan panitia khusus dan pen­dapat akhir fraksi.

Sedangkan ke tujuh Ranperda yang disetujui tersebut yaitu Penyertaan Modal Daerah pada PT Balairung Citra Jaya Sumbar, Ranperda tentang perubahan atas Perda Nomor 2 Tahun 2012 tentang pajak daerah.

Selanjutnya Ranperda tentang pe­nerimaan sumbangan pihak ke tiga kepada Pemerintah  Solsel, Ranperda per­lin­dungan dan pengelolaan lingkungan hidup, Ranperda pengelolaan sampah.

Selanjutnya Ranperda tentang penanaman modal daerah serta Ranperda tentang Corporate Social Responsibility (CSR).

Ia menyebutkan, Perda ini disetujui DPRD setelah dilakukan pembahasan tingkat satu dan dua yang kemudian dilanjutkan ke tingkat Pansus. “Pansus melakukan koordinasi dan menghimpun informasi terkait pengusulan Perda sebelum disetujui,” katanya.

Sekretaris DPRD Solsel, Hamudis mengatakan, setelah disetujui DPRD selanjutnya Perda ini dikirimkan ke Provinsi untuk dievaluasi. “Setelah dilakukan evaluasi oleh Gubernur baru Perda ini disahkan dan diberi nomor oleh pemerintah setempat,” katanya.

Sebelumnya Kepala Kantor Ling­kungan Hidup Solok Selatan, Hapison mengatakan dalam pengelolaan sampah masih terken­dala sarana dan prasarana, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbatas.

“Saat ini kita belum memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tetapi lokasinya sudah ada, dan baru akan dibangun pada 2017 sehingga pengelolaan sampah saat ini masih terkendala,” jelasnya. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]