IAI Solsel Gelar Seminar Farmasi


Senin, 28 Maret 2016 - 02:54:42 WIB
IAI Solsel Gelar Seminar Farmasi IKATAN Apoteker Indonesia (IAI) Solok Selatan, (Solsel) menggelar pelantikan Pimpinan Cabang (PC) pada Sabtu, (26/3) di Ummi Kalsum. (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) So­lok Selatan, (Solsel) menggelar pelantikan Pimpinan Cabang (PC), Sabtu (26/3). Dalam acara juga diberikan pelayanan praktek kefarmasian kepada masyarakat berkiatan dengan obat-obatan.

Seminar sehari bertema Sertifikasi kefarmasian serta farmakoterapi asma, PPOK dan swasemedikasi batuk de­ngan menghadirkan tiga na­rasumber Khairil Armal, Han­sen Nasif, dan Syofyan. Ke­giatan ini diikuti oleh 95 pe­serta terdiri dari apoteker dan farmasi se-Sumbar, serta apo­tek di Wisma Ummi Kalsum.

Pelantikan dan kegiatan seminar farmasi penting dila­kukan pengembangan materi kefarmasian bagi seluruh tena­ga ahli farmasi dan penge­tahuan apoteker ataupun pe­serta talkshow mengenai pe­ngo­batan asma dan PP­OK. Seminar sehari tersebut juga dapat di jadikan sebagai bahan dasar bagi apoteker dalam meningkatkan keahlian dalam konseling pasien swamedikasi batuk sesuai kasus penyakit yang sering terjadi di Solsel di musim panas.

“Selain pelantikan 20 orang pengurus IAI, kita juga melak­sanakan seminar sehari dengan peserta 95 orang. Yakni Apo­teker dan teknis farmasi se-Sumbar termasuk apotek di Solsel,” ujar Ketua IAI Solsel terpilih, Esi Cendrawaty.

Ketua PC IAI Sumbar, Zul­karni usai melantik pengurus PC IAI Solsel mengatakan, jadi pengurus sebuah organisasi IAI itu tak gampang, kecuali de­ngan dibangunnya komunikasi yang baik. Serta perlakukan anggota PC sebagai sejawat, bukan sebagai bawahan. Bila terjadi  masalah di internal cabang, segera lakukan pe­nyelsaian ditingkat cabang. Oraganisasi IAI pertama kali ini beridir di Solsel, semoga dapat memberikan contoh yang baik bagi IAI kota/kabupaten lainnya di Sumbar.

“Kita berharap ketika prak­tek farmasi di rumah sakit atau di apotek, para apoteker seharusnya mengenakan jas praktek sebagai tanda kita apoteker. Juga apoteker atau pengurus IAI harus terlibat disetiap pelaksanaan agenda promosi kesehatan,” pintanya.

Bupati Solsel, Muzni Za­karia menyampaikan, berdiri­nya IAI Solsel semoga dapat menjadi motivasi dalam me­ning­katkan kopetensi pelaya­nan dan profesionalitas be­kerja. Serta dapat menjawab kekeliruan masyarakat dalam mendefe­nisikan obat-obatan dalam bentuk praktek kefar­masian dan dibuktikan dengan sertifikat kefarmasian sebagai tanda apoteker itu berbeda dengan perawat dan bidan.(h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juni 2020 - 22:33:39 WIB

    Libatkan Mahasiswa KKN IAIN Bukittinggi, Ampek Nagari Tanam 200 Bibit Mahoni 

    Libatkan Mahasiswa KKN IAIN Bukittinggi, Ampek Nagari Tanam 200 Bibit Mahoni  HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 200 bibit pelindung berjenis mahoni ditanam sepanjang jalan raya perbatasan Kecamatan Ampek Nagari dengan Kecamatan Lubuk Basung. .
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 00:36:31 WIB

    Lubuak Malako Nagari Binaan IAIN IB Padang

    Lubuak Malako Nagari Binaan IAIN IB Padang SOLSEL, HALUAN — Nagari Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan, Solok Selatan (Solsel) menjadi Nagari Binaan IAIN Imam Bonjol Padang bidang agama dan adat. Pem­binaan yang dilakukan IAIN berupa materi pembekalan sinkronisas.
  • Kamis, 21 Juli 2016 - 02:15:12 WIB

    1.143 Mahasiswa IAIN Batusangkar Mulai KKN

    TANAH DATAR, HALUAN — Se­banyak 1.143 orang mahasiswa IAIN Batusangkar dilepas secara resmi oleh Rektor untuk me­lak­sanakan Kuliah Kerja Nyata (KK­N) di 149 Jorong se Sumatera Barat yang terdiri dari empat Kabupaten..
  • Kamis, 30 Juni 2016 - 05:44:34 WIB

    IAIN Batusangkar Dikunjungi Tim BAN-PT

    TANAH DATAR, HALUAN — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar dikunjungi Tim dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kedatangan Tim BAN-PT kali ini dalam rangka Asesmen Surveilen Institusi Pasca Ali.
  • Rabu, 08 Juni 2016 - 02:27:01 WIB

    392 Mahasiswa IAIN Bukittinggi KKN di Maninjau

    AGAM, HALUAN — Sebanyak 392 maha­siswa IAIN Bukittinggi, melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Keberadaan mahasiswa tersebut diharapkan bisa mendorong potensi yang ada di sembilan na.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]