WNI di Abu Dhabi Bantu Korban Bencana


Senin, 28 Maret 2016 - 02:55:25 WIB
WNI di Abu Dhabi Bantu Korban Bencana ANGGOTA DPRD Solsel, Mukhlis, kembali menyalurkan bantuan bencana dari Warga Negara Indonesia (WNI) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Kecamatan Pauh Duo. (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Ban­tuan bencana dari Warga Negara Indonesia (WNI) di Abu Dhabi Uni Emirat Arab kembali disalurkan oleh anggota DPRD Solok Selatan (Solsel), Mukhlis dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Bantuan yang disalurkan tersebut merupakan bantuan tahap ketiga, setelah sebelumnya bantuan pertama disalurkan dibeberapa nagari di Ke­camatan Sungai Pagu dan di Kecamatan Pauh Duo.

Bantuan tahap tiga se­karang hanya diberikan ke­pada Jorong Banuaran dan Jorong Batu Bajarang, Ke­nagarian Luak Kapau, Ke­camatan Pauh Duo. Ban­tuan yang diberikan berupa beras 800 kilogram. Sedang­kan bantuan sebelum ada diberikan gula, mie instan, minyak goreng dan lain-lain.

“Kita sengaja mem­be­rikan bantuan berupa beras saja. Pasalnyanya, saat ini harga beras kampung lagi mahal. Bantuan yang dibe­rikan sekarang diperuntu­kan khusus bagi masyarakat sawah dan ladangnya yang terkena bencana. Namun demikian bantuan yang ka­mi berikan ini tidak semua­nya masyarakat yang lahan pertaniannya terkena ben­cana mendapatkan, tapi kami prioritaskan untuk yang paling membutuhkan,” jelas Mukhlis, Jumat (25/3).

Kepala Jorong Ba­nua­ran, Syafri, berharap kepada pemerintah untuk bisa sece­patnya memperbaiki lahan pertanian yang rusak berat di wilayahnya. Menurutnya untuk memperbaiki lahan persawahan masyarakat, tidak bisa mengandalkan tenaga manusia saja tapi harus menggunakan alat berat.

Saat ini areal persa­wahan masyarakat banyak ditimbun batu dan kayu berukuran besar. Jika me­makai tenaga manusia akan memakan waktu yang sangat lama.

Sedangkan Mukhlis me­nyampaikan, bantuan yang disalurkanya itu merupakan sumbangan dari WNI di Abu Dhabi Uni Emirat Arab yang dibantu meng­himpunya oleh Mukhnizar. Mukhnizar merupakan war­ga Kecamatan Pauh Duo yang merantau ke Abu Dha­bi Uni Emirat Arab yan­g tidak lain adalah merupakan kakak dari Mukhlis sendiri.

Mengingat banyaknya pertanyaan dari masyarakat yang mempertanyakan kapan pemerintah akan me­la­kukan perbaiki terhadap sawah yang rusak dan me­lakukan penormalisasi su­ngai. Dia mengimbau ma­sya­rakat untuk bersabar menunggu bantuan yang sifatnya permanen. Se­dang­kan bantuan yang diberikan sekarang hanya bersifat darurat.

“Saat ini pemerintah kita telah melakukan pengu­sulan data segala kerusakan karena bencana alam banjir bandang kemaren ke pe­merintah pusat. Dengan demikian masyarakat harus bersabar menunggu,” ucap­nya.

Ketika menyerahkan ban­tuan yang sama di Jo­rong Batu bajarang, perta­nyaan senada juga disam­paikan oleh masyarakat. Masyarakat memper­tanya­kan kapan akan dilakukan perbaikan sawah yang rusak dan kapan di lakukan nor­malisasi sungai. Penyerahan bantuan di saksikan oleh Firdaus kepala Jorong Batu Bajarang dan Walinagari Luak Kapau Shahibul Izar. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 22 Februari 2016 - 02:26:50 WIB

    WNI di Arab Bantu Korban Bencana Solsel

    WNI di Arab Bantu Korban Bencana Solsel SOLSEL,HALUAN — Ang­gota DPRD Solok Selatan (Solsel) Mukhlis, menya­lur­kan bantuan bencana banjir bandang yang dihimpun oleh salah seorang warga Keca­matan Pauh Duo dari pe­rantau WNI (Warga Negara Indonesia) yang be.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]