Solsel Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur


Senin, 28 Maret 2016 - 02:56:33 WIB
Solsel Fokus Pada Pembangunan Infrastruktur Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dan Bupati Solsel, Muzni Zakaria saat menjawab pertanyaan wartawan usai serah terima jabatan di Aula Kantor Bupati setempat, Rabu (23/3). (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Bu­pati Solok Selatan (Solsel) Muzni Zakaria berjanji akan fokus pada pembangunan infrastruktur di Kabupaten Solok Selatan ini pada lima tahun ke depan. “In­fras­truktur masih menjadi ke­butuhan mendasar bagi ma­syarakat,” kata Muzni saat konferensi dengan awak media, Rabu (23/3).

Untuk itu, katanya, Ke­pala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Solok akan dikirim untuk rapat koordinasi dengan provinsi guna membahas perbaikan jalan menuju Solsel. “Kita fokus terhadap perbaikan infrasturktur di Solsel, apa­lagi kita baru saja meng­hadapi bencana banjir ban­dang yang telah merusak sarana dan prasarana umum,” katanya.

Menurutnya, untuk me­ningkatkan akses serta per­tumbuhan ekonomi ma­sya­rakat nantinya, ia akan mem­percepat proses lelang dan tender terkait pem­bangunan infrasturktur. “Apa­lagi areal pertanian seperti sawah banyak yang mengalami gagal panen atau puso. Kita akan segera be­nahi dan melakukan per­baikan,” tambahnya.

Tidak hanya itu, untuk melakukan rehabilitasi pas­ca bencana ia juga akan merangkul seluruh stake­holder dan seluruh elemen masyarakat. “Pilkada telah usai, sekarang kita secara bersama membangun Solsel tercinta,” terangnya.

Senada dengan Muzni, Wakil Bupati terpilih, Abdul Rahman menyebutkan dia­wal masa bakti sebagai ke­pala daerah langsung diha­dapkan dengan banyaknya pekerjaan yang harus dibe­nahi dan dituntaskan. Dise­babkan bencana alam bebe­rapa waktu lalu yang meru­sak dan mem­porak­poran­dakan daerah itu.

 ”Daerah kita baru saja mengalami bencana yang cukup besar yang menga­kibatkan rusaknya beberapa fasilitas dan infrastruktur sehingga perbaikan meru­pakan salah satu prioritas kita,” tandasnya.

Sebelumnya, Wakil Gu­bernur Sumbar, Nasrul Abit, meminta Pemerintah Solsel untuk mempercepat pem­bangunan infrastruktur jalan yang rusak akibat bencana, sebab kondisinya sudah sa­ngat parah serta mem­baha­yakan.

Ia menyebutkan, setelah dilakukan koordinasi de­ngan Bupati Solsel, ternyata jalan utama yang rusak pa­rah karena bencana meru­pakan jalan nasional yang menghubungkan Provinsi Jambi dengan Sumbar.

Karenanya, perbaikan harus secepatnya dilakukan supaya tidak mem­baha­ya­kan pengguna jalan. Selain itu katanya, pemerintah daerah harus meng­ha­pus­kan orang-orang yang me­minta uang di jalan yang rusak supaya tidak merusak citra daerah.

“Jika kita ingin jadi dae­rah tujuan wisata, maka orang yang meminta-minta di jalan harus dihapuskan demi kenyamanan pengun­jung,” sebutnya.

Ditambahkan, BPBD Solsel juga harus lincah sebab mereka bisa mengu­sulkan bantuan alat berat di lokasi rawan bencana ke pusat.

“Daerah lain sudah me­la­kukannya, sedangkan Sol­sel belum juga oleh sebab itu BPBD harus lebih lincah supaya tidak tertinggal,” jelas Wagub Nasrul Abit saat itu.

Jalan nasional dari Lu­buk Selasih Kabupaten So­lok hingga ke Solsel banyak yang rusak akibat bencana buruk yang melanda daerah itu beberapa bulan terakhir. Sebagian besar jalan yang rusak karena amblas dan tertutup longsor seperti di Kecamatan Lembah Gu­manti Kabupaten Solok, setidaknya terdapat tiga titik jalan terban dan tertutup longsor.

Sedangkan di Solsel, dari Muaralabuh hingga Padang Aro dengan jarak sekitar 35 kilometer juga terdapat setidaknya tiga titik jalan tergerus air sungai dan ha­nya tinggal sebagian. (h/jef)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]