Kantor Sekretariat Kosong Saat Jam Kerja

Wabup Abdul Rahman Geram


Senin, 28 Maret 2016 - 02:57:26 WIB
Wabup Abdul Rahman Geram WAKIL Bupati Solsel, Abdul Rahman, di dampingi Asisten II, Epli Rahmat saat melakukan inspeksi mendadak di Sekretariat Solsel, Kamis (24/3). (JEFLI)

SOLSEL, HALUAN — Hari pertama bertugas sebagai Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel), Abdul Rahman langsung dibuat geram. Betapa tidak, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Sekretariat Kantor Bupati, Kamis (24/3), ternyata tak satupun staf atau pegawai PNS yang berada di kantor. Padahal saat itu masih jam dinas.

Kegeraman Rahman ini semakin memuncak saat me­ne­mukan salah satu ruangan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) yang tergembok pada jam 15.00 WIB, saat jam dinas masih berlangsung.

“Prilaku PNS seperti ini­lah yang membuat daerah Solsel ini berada dalam kate­gori daerah tertinggal. Saat jam kerja saja tidak berada dikantor. Bahkan salah satu ruangan terkunci rapat. Gi­mana mau memikirkan ma­syarakat jika bekerja seperti ini,” ujar abdul Rahman de­ngan nada gusar.

Bahkan, lanjut Rahman, saat ditanya kepada PNS lain­nya dimana keberadaan rekan kerjanya, jawabannya pun sama sekali tak masuk akal, mereka menjawab pulang cepat karena ditelpon istri. Hal ini, berdampak tidak baik terhadap kinerja aparatur di lingkungan Pemkab Solsel ini.

“Kita akan tindak pegawai yang melanggar ini sesuai dengan aturan yang berlaku. Dan sidak ini akan terus ber­langsung tanpa pemberi­ta­huan. Agar prilaku PNS ini dapat berubah dan memiliki tanggung jawab terhadap pe­kerjaan,” pungkasnya.

Menurutnya, jika ingin maju, maka masalah disiplin harus diperbaiki terlebih da­hulu, karena kemajuan itu dimulai dari kedisiplinan. Untuk PNS yang tidak disip­lin, akan dilihat dan dipelajari aturannya serta apa sanksi yang bisa diberikan.

Ia memerintahkan supaya bus pegawai tidak boleh pu­lang sebelum jam kantor ber­akhir, karena itu bisa meng­ganggu kinerja PNS.

Selain itu, bagi pegawai yang tidak hadir harus dengan alasan yang jelas, jangan hanya izin lewat teman atau ditelepon istri. Saat sidak, Wabup men­catat semua ASN yang tidak hadir maupun pulang cepat lengkap dengan alasannya.

Sebelumnya mantan Pen­jabat Bupati Solsel, Erizal mengungkapkan sebagian besar PNS di kabupaten itu masih lamban dalam bekerja, bahkan ada beberapa yang tidak bekerja sama sekali.

“Selama tujuh bulan saya menjabat sebagai Pj Bupati, sudah tiga kali saya meng­usulkan penggantian Kepala Dinas yang lamban tersebut. Tetapi hingga masa jabatan habis tidak dikeluarkan oleh Mendagri,” katanya.

Menurut dia, tingkat ke­disiplinan pegawai di Solsel menjadi sebuah permasalahan yang harus dibenahi oleh bupati defenitif supaya tidak mengganggu roda peme­rin­tahan. (h/jef/hel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]