ISIS Kalah di Palmyra


Senin, 28 Maret 2016 - 02:58:44 WIB
ISIS Kalah di Palmyra

BEIRUT, HALUAN — Media pemerintah dan kelompok mo­nitor menyatakan pasukan peme­rintah Suriah telah mengambil alih Palmyra pada Minggu (27/3). Hal ini merujuk pada keka­lahan signifikan di pihak ISIS yang menguasai kota gurun ter­sebut sejak Mei tahun lalu.

Televisi Suriah mengutip sum­ber militer yang mengatakan bahwa tentara dan sekutu berhasil mengambil alih kendali seluruh kota Palmyra. Kelompok Syrian Observatory for Human Rights mengatakan masih ada baku tembak terdengar dari bagian timur kota pada Ahad (27/3) pagi.

Baca Juga : Panas, 1.000 Massa Pro Junta Militer Turun ke Jalan di Myanmar

Namun sebagian besar pasu­kan mereka telah ditarik dan mundur, meninggalkan Palmyra dalam kendali pasukan Presiden Bashar al-Assad. Bagi pasukan pemerintah, pengambilalihan Palmyra melalui kampanye tiga pekan membuka banyak jalan ke timur, Deir al-Zor dan Raqqa.

Direktur Observatory, Rami Abdulrahman mengatakan 400 militan ISIS tewas dalam per­tem­puran di Palmyra. Ia menyebut ini adalah kekalahan terbesar ISIS sejak mendeklarasikan ke­kha­li­fahan di Iran dan Suriah pada 2014.

Baca Juga : Astaga! Ada Tanda-tanda Fase Baru Mutasi Covid-19

Palmyra adalah rumah bagi sejumlah besar reruntuhan pe­nin­g­galan sejarah kerajaan Roman. ISIS melakukan serangan besar-besaran di daerah ini dan meng­hancurkan sebagian besar bangu­nan kuno yang mereka sebut tempat pemujaan berhala. (h/rol)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]