Bank Nagari Terapkan EDC

Nasabah Nikmati Layanan Kartu Debit


Senin, 28 Maret 2016 - 03:13:24 WIB
Nasabah Nikmati Layanan Kartu Debit Peluncuran sms banking Bank Nagari 13 Maret 2016 di Kantor Pusat Bank Nagari, Jalan Pemuda No 21 Padang, beberapa waktu lalu.

PADANG, HALUAN — Bank Nagari sudah menerapkan fitur layanan electronic data capture(EDC) guna meningkatkan pelayanan kepada nasabah. Dengan layanan tersebut, nasabah yang berbelanja tak perlu lagi menggunakan uang tunai.

Mesin EDC adalah se­buah mesin yang sering kita jumpai dan biasanya tersedia di tempat loket pembayaran atau kasir yang disediakan oleh gerai-gerai, supermarket, mall, hotel, rumah sakit, dan restoran.

Di Kota Padang, nasabah bisa berbelanja dengan EDC di Koperasi Bank Nagari, Koperasi Semen Padang, SJS Plaza Padang, Restoran La­mun Ombak, Toko Kripik Sherly, Toko Kripik Christine Hakim, Supermaket Sin­g­galang, Toko Bangunan YD, Ampalu Raya, OKy Mart, Toko Saudara, Semen Padang Hospital, Bigmart.

“Untuk EDC ini kami (Bank Nagari) bekerja sama dengan mitra usaha, baik supermaket, rumah makan, rumah sakit, toko serba ada di Padang. Di kabupaten dan kota lain juga sudah dimulai,” ujar Sekretaris Perusahaan Bank Nagari, Azmi Febrian dalam siaran persnya,  ke­marin.

Menurutnya, dengan ada­nya mesin EDC ini, nasabah Bank Nagari tidak perlu lagi membayar belanjaan atau tranksaksi lainnya dengan uang tunai, tapi cukup meng­gunakan kartu debit atau kartu  yang biasa digunakan nasabah jika bertransaksi di ATM.

“Dengan  layanan seperti ini bisa mengurangi risiko cash handling  seperti  ter­jadinya perampokan dan per­e­daran uang palsu,” sebutnya.

Mesin ini, katanya, di­gu­nakan untuk melakukan suatu transaksi dengan meng­gu­na­kan kartu debit. Mesin ini dikeluarkan oleh bank untuk para pedagang yang telah me­lakukan kerja sama, hampir seluruh toko atau gerai-gerai kecil sudah  menyediakan mesin ini karena hampir se­luruh masyarakat sekarang sudah memiliki kartu debit yang sudah menjadi gaya hi­dup di zaman sekarang ini.

Manfaat

Azmi juga menjelaskan, selain aman menggunakan kartu debit ini juga ada man­faat lainnya, seperti mel­a­kukan belanja di  pedagang-pedagang yang bekerja sama dengan Bank Nagari.

Transaksi melalui layanan kartu debit menggunakan me­sin EDC memberikan ke­mu­dahan untuk informasi sal­do rekening Sikoci, Simpeda, T­abunganku dan tabungan yang tergabung dengan laya­nan ATM Bersama, dan pe­min­dahbukuan ant­arrekening Bank Nagari tanpa biaya, trans­fer dengan rekening bank pe­ser­ta ATM Bersama, pem­ba­yaran zakat secara da­ring (online), pembayaran kartu Ha­lo, isi ulang pulsa kartu Simpati, AS dan Flexy, serta pem­ba­yaran uang kuliah be­be­rapa perguruan tinggi di Sumbar.

SMS Banking

Azmi juga mengatakan, Bank Nagari juga telah me­luncurkan SMS Banking. “Ini merupakan produk layanan perbankan berbasis teknologi seluler yang memberikan ke­mudahan melakukan berbagai transaksi perbankan,” jelas­nya.

Fitur layanan ini men­cakup informasi saldo, transfer/pe­mindahbukuan, inquery sta­tement. Nasabah dapat me­nik­mati layanan ini,  dengan syarat pendaftaran, rekening per­orangan, sudah memiliki re­ke­ning/kartu ATM Bank Nagari, mengisi formulir pada kantor Bank Nagari terdekat. (h/ita)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]