Payakumbuh dan Unand Teken MoU Bidang Pendidikan


Senin, 28 Maret 2016 - 03:16:04 WIB

PAYAKUMBUH, HALUAN — Memperbarui MoU atau nota kesepahaman 2005, Pem­ko Payakumbuh dan Uni­versitas Andalas (Unand) kembali menyepakati perjan­jian kerjasama dibidang pen­didikan, penelitian dan pe­ngembangan, pengabdian kepada masyarakat, serta perencanaan dan pem­bangu­nan Kota Payakumbuh. Unand dinilai akan menjadi excelent centre, mampu me­ningkatkan pertumbuhan eko­nomi yang kuat ke depan.

Nota kesepahaman itu ditandatangani Walikota H. Riza Falepi dan Rektor Unand Prof.  Dr. Tafdil Hu­s­ni, dalam acara di Aula Balai­kota Payakumbuh, Kamis (24/3), disaksikan Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, Ketua DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Plh. Sekdako Yoher­man, Wakil Rektor Unand dan sejumlah dekan serta dosen di jajaran Unand serta pejabat terkait di jajaran Pemko Payakumbuh.

Rektor Unand, Tafdil Hus­­ni, juga berharap, MoU yang disepakati berlanjut dalam bentuk perjanjian ker­jasama yang kongkrit, un­tuk memajukan semua bi­dang yang masuk dalam nas­kah kesepahaman dimaksud.

Menurut Tafdil Husni, Unand yang sekarang ini berklasifikasi A, sejajar de­ngan beberapa perguruan tinggi nasional lainnya di Indonesia. Ia menyatakan, akan lebih konsen  mem­bantu Pemko Payakumbuh, menjadikan kota ini yang lebih baik ke depan. Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi dan  Wawako H. Suwandel Muchtar, pasangan kepala daerah yang visioner, diha­rapkan aspiratif dengan kei­nginan masyarakat.

Walikota yang visioner, kata rektor, adalah pimpinan daerah yang memperhatikan investasi pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Rektor men­contohkan Malaysia di tahun 70-an, dan sekarang sudah me­nikmati kemajuan luar biasa, dengan SDM anak bangsanya. Suatu saat nanti, Payakumbuh  akan menjadi kota yang besar dengan Sum­ber Daya Manusia (SDM) yang kuat.

“Dengan membawa 30 petinggi Unand, pembantu rektor, dekan, dosen dan pejabat sekretariat Unand lainnya ke Payakumbuh, agar semuanya komit dengan nota kesepahaman ini, dalam mem­bantu memajukan Paya­kum­buh ke depan,” ulasnya. 

Walikota Riza Falepi diha­dapan rombongan rektor Unand, mengakui, perhatian Unand buat Payakumbuh, akan me­nambah darah bagi kota da­lam mengembangkan diri. Unand akan menjadi excelent cen­tre bagi Paya­kumbuh ke de­pan, juga dalam usaha me­ma­jukan dan mem­percepat per­tum­buhan ekonomi kota ini. (h/zkf)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]