Banjir Ancam Pariaman

Kerusakan Siple Makin Parah


Senin, 28 Maret 2016 - 03:21:55 WIB
Kerusakan Siple Makin Parah Akibat lalai menangani kerusakan, kondisi siple beton di Batang Piaman jalan Bypass Jati Kota Pariaman, semakin parah dan ambruk ke dalam sungai. (TRISNALDI)

PARIAMAN, HALUAN — Akibat lalai menangani kerusakan, kondisi siple beton di Batang Piaman jalan Bypass Jati Kota Pariaman, semakin parah. Siple rebah ke dalam sungai  yang berpotensi menyebarkan banjir.

Kerusakan ditandai de­ngan rebahnya siple beton penahan tebing sepanjang 15 meter pada Senin ketika hujan lebat dan bajir merendam sebagian kota Pariaman baru baru ini. Parahnya lagi, ma­terial siple yang rebah masuk ke aliran sungai dan keru­sakan terjadi pada titik siple yang telah mengalami ke­rusakan pada waktu sebe­lumnya, dimana material si­plenya juga rebah ke dalam aliran sungai. Bekas rebahan itu kini membentuk sekungan jurang setinggi 4 meter.

Salah seorang warga yang sedang jalan melewati siple rusak mengatakan, kejadian siple rebah masuk ke dalam sungai, terjadi sekitar hari Senin, ketika hujan lebat dan banjir melanda. Disaat itulah siple beton itu runtuh ke dalam sungai.

Pantauan Haluan di lokasi Minggu (27/3), siple rebah diduga akibat dasar siple digerus air. Sebagaimana juga diketahui bahwa arus air di batang Piaman ini cukup deras apalagi ketika banjir.

Siplel yang rebah itu, ter­jadi pada titik lokasi keru­sakan siple yang sama dengan kejadian serupa, pada waktu sebelumnya.

Rebahan siple ke dalam aliran sungai batang Piaman, telah mengganggu arus air dan menimbulkan lubuk-lubuk lumayan dalam di sekitar lokasi rebahan material sipel beton.

Begitu juga dengan dere­tan siple beton yang rumpang, semakin menambah panjang yang rusak. Kini sudah men­capai lebih kurang 40 meter di satu titik. Sampai kini ada tiga titik kerusakan.

Dan selama kerusakan terjadi, tidak tampak tanda-tanda perbaikan dilakukan pihak terkait, kecuali me­masang bebatuan lepas di atas permukaan aliran sungai un­tuk menahan permukaan ta­nah sungai agar tidak terjadi penurunan.

Siple beton penahan te­bing dikerjakan tahun 2010 memanfaatkan DAU, melalui pekerjaan normalisasi sungai.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pariaman, As­rizal ketika dikonfirmasi tentang kerusakan siple beton Batang Piaman di bypass Jati, membenarkan adanya.

Katanya, Tahun 2016 ke­ru­sakan siple di bypass jati pa­riaman segera di perbaiki, sejalan dengan pekerjaan nor­malisasi sejumlah sungai yang melintas di Kota Pariaman, seperti batang Mangguang arah ke hulu, dan batang Ma­ngor di Selatan, juga arah ke hulu. (h/tri)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 23 April 2019 - 12:15:15 WIB

    Kerusakan Hutan Sumbar Sedikit Menurun

    Kerusakan Hutan Sumbar Sedikit Menurun PADANG, HARIANHALUAN.COM—Angka tutupan hutan Sumatera Barat selama 2018 mencapai 44,88 persen, atau seluas 1.897.911 hektare. Jumlah ini meningkat 0,81 persen, atau seluas 34.373 hektare dibandingkan angka tutupan lahan pad.
  • Senin, 03 Oktober 2016 - 03:36:33 WIB

    Belasan Hektare Sawah Kekeringan Akibat Kerusakan Irigasi

    LIMAPULUH KOTA, HALUAN — Lahan sawah yang kekeringan di Kabupaten Limapuluh Kota bertambah luas yang tersebar di sejumlah nagari dan beberapa kecamatan..
  • Senin, 22 Agustus 2016 - 03:17:22 WIB

    Denzipur Periksa Kerusakan Jembatan Pulai

    Denzipur Periksa Kerusakan Jembatan Pulai DHARMASRAYA, HALUAN — Jembatan Pulai yang membentang di atas Sungai Batanghari, Jorong Pulai, Nagari Sitiung, belakangan me­ngalami kerusakan yang cukup parah (Berita Haluan Edisi Jum’at,19/8-red) dan berbahaya untuk dil.
  • Rabu, 10 Agustus 2016 - 16:00:53 WIB

    Pesawat Mengalami Kerusakan di BIM, Waktu Keberangkatan CJH Molor

    Pesawat Mengalami Kerusakan di BIM, Waktu Keberangkatan CJH Molor PADANG, HALUAN—Pesawat garuda yang membawa 454 Calon Jamaah Haji serta petugas pendamping mengalami kerusakan. Pesawat yang seharusnya berangkat sesuai jadwal pada pukul 13.25 WIB, hingga pukul 15.30 WIB, Rabu (10/8) masih .
  • Jumat, 10 April 2015 - 19:22:11 WIB

    Kerusakan Pipa, Air PDAM Tirta Antokan Tidak Mengalir

    AGAM, HALUAN — Keluhan terhadap layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Antokan seakan tak pernah berhenti. Jika sebelumnya pelanggan mengeluhkan air yang bercampur lumpur, kali ini warga mengeluhkan air yang su.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]