Pembangunan Turab Mendesak

Kampus IAIN Imam Bonjol Terancam Ambruk


Senin, 28 Maret 2016 - 03:25:46 WIB

PADANG, HALUAN — Kampus III IAIN Imam Banjol di Sungai Bangek, Koto Tangah, Kota Padang, saat ini berada dalam ancaman bencana longsor dan ambruk karena letaknya di atas perbukitan. Rektor IAIN Imam Bonjol Padang, Eka Putra Wirman menyebut, kampus itu memerlukan tindakan penyelamatan yang cepat.

Pembangunan turab atau dinding di sekitar bangunan berlantai empat yang telah jadi saat ini adalah hal yang mendesak. Secara kasat mata memang sangat mem­bahayakan karena bekas galiannya selalu tergerus air dan bisa saja suatu saat menimpa bangunan yang telah menelan dana sekitar Rp38 miliar itu.

Apalagi bangunan itu tahun akademik 2016/2017 tepatnya  bulan Juli 2016 telah mulai dipakai untuk perkuliahan. Me­ngingat pentingnya bangunan itu, maka kelanjutan rektorat di kampus Lubuk Lintah Padang harus diundur tahun ang­garan 2017 mendatang.

Hal itu disinggung oleh Rektor IAIN IB saat memberikan sambutan pada acara wisuda 594 orang lulusan sarjana tahun akademik 2015/2016, di aula GSG kampus Lubuk Lintah Padang, Sabtu (26/3). 

Kepada peserta wisuda, ia berpesan beberapa hal. “Sebagai alumni, pendidikan dan menunutut ilmu pada masa datang sangat perlu dalam hidup dan kehidupan. Proses ini harus dijalani dan dilaksanakan oleh setiap kita. Ketika kita sudah sarjana baik diploma, S1 atau S2 dan S3, perjuangan ke jenjang yang lebih tinggi harus diwu­judkan. Itu semua berlaku dalam sistem keilmuan khususnya dalam dunia pen­didikan tinggi. Saya dorong setiap kita untuk melanjutkan studi tersebut,’’ harapnya.     

Ia juga menekankan berbagai dorongan kepada tenaga pendidik (dosen), untuk aktif mengikuti seminar nasional hingga internasional. Kepada almuni yang terga­bung dalam PP Ikatan Alumni IAIN Imam Bonjol Padang, ia mengharapkan alumni memberikan kontribusi kesuksesan.

“Yang terpenting lagi, alumni menjaga nama baik almamater dan memberikan yang terbaik bagi lembaga ini. Semua harus berkontribusi, misalnya dosen harus ber­karya dengan karya ilmiah hebat, sehingga lembaga ini bisa duduk sama rendah tegak sama tinggi dan sederajat dengan per­guruan ternama di Indonesia saat ini,” jelasnya. (h/dib)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 02 Desember 2019 - 14:52:00 WIB

    Terkait Polemik di Kampus, Ini Pernyataan Universitas Taman Siswa

    Terkait Polemik di Kampus, Ini Pernyataan Universitas Taman Siswa PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Terkait berita yang terlanjur beredar di sejumlah media terkait polemik yang terjadi di Universitas Taman Siswa, mahasiswa Universitas Taman Siswa yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa me.
  • Jumat, 26 Januari 2018 - 11:24:00 WIB

    Demo, Warga Bakar Ban di By Pass depan Kampus Universitas Baiturrahmah

    Demo, Warga Bakar Ban di By Pass depan Kampus Universitas Baiturrahmah PADANG, HALUANHALUAN.COM -- Aksi bakar ban mewarnai aksi unjuk rasa warga di Jalan By Pass, Padang, Jumat (26/1) siang ini. Tak hanya itu. Seribuan massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Tigo Sandiang juga mengusir puluh.
  • Sabtu, 25 Februari 2017 - 12:04:22 WIB

    Pemko Padang Bantu Transportasi Kampus IAIN-IB

    PADANG, HALUAN - Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN-IB) Padang bakal “eksodus” ke Sungai Bangek, Kecamatan Koto Tangah. Sebab pihak kampus telah selesai mem bangun gedung baru di kawasan itu..
  • Rabu, 19 Oktober 2016 - 00:53:24 WIB

    Penghapusan Semester Pendek, Kampus di Padang Tak Sepakat

    Penghapusan Semester Pendek, Kampus di Padang Tak Sepakat PADANG, HALUAN — Rencana Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ke­menristekdikti) untuk mengambil alih aturan semester pendek atau bahkan menghapuskan program tersebut ditanggapi oleh Wakil Rektor I perguruan .
  • Selasa, 30 Agustus 2016 - 04:19:51 WIB

    Pembangunan Kampus Baru PNP Tunggu Sertifikat BPN

    PADANG, HALUAN—Tahapan pemindahan kampus Politeknik Negeri Padang (PNP) dari Limau Manih, Kota Padang ke Lubuak Bunta, Keca­matan Sicincin, Kabupaten Padang Paria­man tinggal menunggu sertifikat tanah dari Badan Pertanaha.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]