Museum Gempa Dipindah ke Museum Adityawarman


Senin, 28 Maret 2016 - 03:32:29 WIB

PADANG, HALUAN—Mengenang tragedi gempa besar berkekuatan 7,8 SR yang mengguncang Padang pada 2009 lalu, Pemerintah Kota Padang membangun Museum Gempa. Museum yang selama ini berada di Gedung Genta Budaya Sumatera Barat, Sabtu (26/3), resmi dipindahkan ke Museum Adityawarman.

Peresmian pemindahan Museum Gem­pa ditandai dengan pengguntingan pita oleh Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo. Dipindahkannya museum ini karena ber­bagai faktor. Diantaranya memudahkan pengunjung melihat isi museum, dan juga sepinya museum saat masih berlantai di Gedung Genta Budaya.

“Dipindahkannya museum karena di lokasi sebelumnya selalu terlihat sepi. Apalagi juga banyak warga yang tidak mengetahui di mana letak museum gempa,” kata Walikota.

Dengan dipindahkannya museum terse­but diharapkan setelah ini jumlah kunjungan semakin meningkat. Apalagi museum gempa sudah menyatu pula dengan koleksi seni dan peninggalan budaya.

“Di sini lebih strategis, berada di satu lokasi dan dekat dengan Tugu Gempa,” ungkap Mahyeldi dibenarkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Medi Iswandi.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Medi Iswandi mengatakan bahwa di Museum Gempa ini terdapat sejumlah koleksi. Termasuk foto dan visual saat terjadinya gempa 2009 silam.

“Harapan kita dengan adanya museum ini akan menjadi edukasi bagi pengunjung,” katanya.Museum Gempa berada di sisi belakang Museum Adityawarman. Salah seorang pengunjung, Donisa menyebut, dengan pindahnya Museum Gempa ke Museum Adityawarman cukup memu­dahkan pengunjung. Sambil melihat koleksi lain, pengunjung juga diajak melihat dan merefleksikan kembali kenangan terjadinya gempa lalu. (h/rvo)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 13:20:05 WIB

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang

    Museum Alat Musik Bakal Dibangun di Kota Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pengelola Museum Alat Music Indonesia dan Dunia, Yukon Putra mengusulkan keinginan untuk mendirikan gedung museum di Kota Padang. Soal biaya pembangunan akan dibantu sepenuhnya. Pemerintah Kota Pa.
  • Kamis, 21 Juni 2018 - 13:46:10 WIB

    Dimasa Liburan, Museum Adityawarman Tetap Sepi Pengunjung

    Dimasa Liburan, Museum Adityawarman Tetap Sepi Pengunjung PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kunjungan ke objek wisata museum Adityawarman saat liburan mengalami peurunan hingga 50 persen dibanding lebaran tahun lalu. Padahal, selama libur lebaran, pengelola sama sekali tidak menaikkan tari.
  • Kamis, 04 Mei 2017 - 18:45:55 WIB

    Museum Junalistik Bakal Dibangun di Padang

    Museum Junalistik Bakal Dibangun di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM--Sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional tahun 2018 mendatang di Kota Padang. Museum Adityawarman akan membuat museum jurnalistik dengan anggaran sekitar Rp5 Miliar..
  • Selasa, 13 Desember 2016 - 01:14:16 WIB

    PAD Museum Tercapai Rp118 Juta

    PADANG, HALUAN — Pen­dapatan Asli Daerah (PAD) Museum Aditya­war­man lima tahun terakhir terus menun­jukkan peningkatan yang sig­nifikan. Pada tahun 2016, PAD Museum Aditya­warman mencapai Rp118.­331 dengan target Rp.
  • Kamis, 06 Oktober 2016 - 03:33:21 WIB

    UPTD Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya

    UPTD Museum Adityawarman Gelar Atraksi Budaya PADANG, HALUAN — Pengelola Museum Adityawarman kembali menggelar atraksi budaya. Sebelumnya atraksi budaya yang ke tujuh sudah digelar pada Minggu (25/9)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]