Penanganan Tak Tuntas

Jalan Pantai Cermin Tertimbun Longsor


Senin, 28 Maret 2016 - 03:44:57 WIB

AROSUKA, HALUAN — Diduga penanganan longsor yang terjadi sekitar sebulan yang lalu tidak tuntas, berakibat arus lalu lintas Sumatera yang menghubungkan Kabupaten Solok dengan Kabupaten Solok Selatan, tepatnya di kawasan Pisau Hilang, Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin, kembali tersendat oleh timbunan material longsor susulan, Sabtu (24/3).

Karena penanganan long­­sor yang terjadi sebelumnya hanya untuk membersihkan jalur yang sifatnya hanya sementara, sedangkan sejauh ini belum ada upaya mak­simal dari pihak terkait dalam hal ini Dinas PU Prov Sum­bar untuk memperlebar jalan yang ada.

“Pasca longsor bulan lalu, kondisi jalannya masih se­perti itu juga. Pihak PU kala itu, hanya mem­bersihkan jalan dari material longsor, hanya untuk bisa dilalui ken­daraan saja. Se­mentara tebing-tebing yang ada di pinggir jalan dibiarkan begitu saja,” kata Camat Pantai Ce­r­min, Syaiful An­war me­la­lui handphone selularnya ke­­pada Haluan, Minggu (27/3).

Akibat kondisi ini, kata Syaiful, kala hujan turun mengguyur daerah itu be­berapa pekan terakhir ber­akibat tebing yang se­be­lumnya masih labil, kem­bali tergerus air. Longsoran inilah yang kemudian me­nye­babkan penyempitan ba­dan jalan, sehingga sem­pat menimbulkan ke­ma­cetan beberapa jam.

“Ini termasuk jalan na­sional, persoalan ini telah ber­kali-kali kami sam­pai­kan kepada Dinas PU pro­vinsi. Namun sampai kini masih belum di­tindak­lan­juti, karena katanya ma­sih menunggu master pa­nen­nya,” kata Syaiful.

Pihaknya mem­per­ki­rakan, kalau se­andainya kon­disi ini tidak juga di­ta­ngani secara maksimal, di­pas­tikan akan me­nga­kibat­kan longsor susulan jika hujan kembali turun. Se­mentara terkait adanya ka­bar yang me­nyebutkan a­danya pungutan yan­g ber­sifat pak­saan dari ma­sya­rakat atau pemuda yang me­manfaatkan kondisi ke­macetan yang ada tersebut, pihaknya mem­bantah hal itu. Karena saat peristiwa longsor itu terjadi, pihaknya bersama muspika (Polsek dan Koramil) Ke­camatan Pantai Cermin langsung turun ke lapangan guna membantu penanganan longsor.

Bahkan terkait kabar itu, pihaknya bersama muspika langsung meradang dengan mengumpulkan wali nagari dan pemuka masyarakat setempat. Pihaknya bahkan telah membuat komitmen bersama dengan muspika dan pemuka masyarakat untuk menindak tegas setiap pungli yang mengatas­na­makan bencana di daerah Pantai Cermin.

Terkait musibah itu, Ke­pala BPBD Kab Solok, Ab­dul Manan menyebutkan, meski bencana itu berada di kawasan Kab Solok, namun lantaran jalan tersebut me­rupakan jalan nasional, pe­na­nganannya berada pada pem­prov. “Kita sudah la­por­kan hal ini kepada pem­prov. Saat ini alat berat masih siaga di daerah itu,” pungkas Abdul Manan. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]