Padang Butuh Sistem Drainase terpadu


Senin, 28 Maret 2016 - 03:49:53 WIB

PADANG, HALUAN — Bencana banjir yang melanda Kota Padang direspon anggota DPD RI asal Sumbar, Jeffrie Geovanie (JG). Tim JG mengunjungi warga yang ditimpa bencana di beberapa titik, salah satunya kawasan Parak Jambu, Kecamatan Koto Tangah. Momen ini juga diman­faatkan Tim JG untuk menjemput aspirasi sekaligus memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir di Kota Padang.

Seperti diketahui, banjir menimpa sebagian kota Padang akibat hujan lebat sehingga air sungai meluap memasuki perumahan warga. Hal ini diperparah dengan naiknya air pasang laut sehingga air yang mengalir ke muara tertahan dan menye­babkan banjir terparah beberapa tahun belakangan ini.

Bantuan berupa air mineral kemasan,  mie instan, telor dan minyak goreng langsung disalurkan oleh Tim Jeffrie Geovanie kepada masyarakat yang membutuhkan. Di kawasan Parak Jambu bantuan langsung diserahkan kepada Ketua RW 03 Akhir­man. Akhirman menyatakan kegembiraannya atas bantuan ini karena memang sedang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Masyarakat membutuhkan air bersih terma­suk minuman karena memang kondisi air sumur saat ini tidak bagus dan tidak sehat untuk dikonsumsi”kata Akhirman.

Ketika ditanyakan kemungkinan penyebab banjir ini, Akhirman menerangkan bahwa menurut pengalaman penduduk kampung ini banjir besar memang terjadi setiap 10 tahun sekali. . “Banjir kali ini sangat parah dan tinggi permukaannya setinggi orang dewasa sehingga sangat memba­hayakan masyarakat terutama anak-anak”kata Akhirman.

Komplek ini memang terletak di dekat daerah rawa dan serapan air. Disinyalir pembangunan yang pesat di daerah seputaran Bypass Padang ini berdampak terhadap berkurangnya daerah resapan di Kota Padang. Berkurangnya daerah resapan ini membuat air hujan dengan debit yang besar tidak tertampung sehingga akhirnya mengalir ke pemu­kiman-pemukiman warga. ‘air buangan dari jalan by pass tidak tertampung oleh draninase yang ada sehingga air akhirnya mengalir ke pemukiman “kata Akhirman.

Pada kesempatan ini warga juga menyampaikan aspirasi kepada Jeffrie Geovanie selaku anggota DPD RI untuk memperjuangkan supaya ada perbaikan terhadap sistim drainase yang ada di kota Padang. “Sebaiknya dibuat system drainase yang utuh dan menyeluruh di Kota Padang sehingga ketika terjadi hujan lebat air bisa disalurkan ke daerah resapan maupun langsung ke sungai dan laut, ujar Adika Mario tokoh muda Padang yang ikut dalam kegiatan tersebut.

“Hendaknya pembangunan fisik tidak menghi­langkan daerah-daerah resapan air sehingga air tidak berubah menjadi air bah yang membahayakan masyarakat, lanjut Dika. Selain itu warga juga berharap pemerintah Kota Padang lebih sigap dan memerhatikan kebutuhkan masyarakat yang terkena dampak banjir baik berupa bantuan keselamatan maupun bahan makanan. (h/mat)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]