Hari ini,BNPB Bantu Korban Banjir


Senin, 28 Maret 2016 - 03:50:52 WIB
Hari ini,BNPB Bantu Korban Banjir SEORANG petugas memasak nasi dan kebutuhan lainnya menggunakan mobil dapur umum di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Padang, Jumat (25/3). Nasi dan lauk pauk tersebut nantinya di bawa menuju posko bantuan banjir untuk dibagikan kepada warga. (RIVO SEPTI ANDRIES)

PADANG, HALUAN — Ham­pir sepekan setelah bencana banjir di Padang dan sejumlah daerah lain­nya di Sumbar, ban­tuan dari pusat baru akan mendarat. Bantuan ini mencapai 15 paket yang awalnya diren­canakan akan didistri­busi­kan ke Padang dan Padang Pariaman.

Hal ini dipastikan Ba­dan Penanggu­langan Ben­cana Daerah (BPBD) Sum­bar, kemarin. Menurutnya, bantuan BNPB untuk kor­ban banjir di Kota Padang dan beberapa Kabupaten/Kota di Sumbar akan sampai hari ini (Senin, red).

Sesampainya nanti bantuan ini akan langsung dikirim ke Kabu­paten/Kota yang mem­butuh­kan.

Kepala BPBD Sumbar Zul­fiatno mela­lui Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logs­tik BPBD Sumbar Pagar Negara kepada Haluan Minggu, (27/3) malam di Padang menuturkan, pengajuan dari BPBD untuk mendapatkan 15 paket bantuan berupa makanan cepat saji, ma­kanan penambah gizi, tenda, tikar dan lauk-pauk akhirnya disetujui BNPB.

“Diperkirakan bantuan ini akan sampai besok (Senin, red). Dan langsung akan kita salur­kan,” ujar Pagar.

Kota Padang dan Kota Paria­man akan menjadi prioritas da­lam penyaluran paket ini. Mengi­ngat baru Kota Padang dan Kota Pariaman yang mengajukan un­tuk mendapatkan bantuan ini. Sementara empat daerah lainnya yang juga terkena banjir belum mengajukan.

“Dua Kota ini juga telah memenuhi syarat untuk mene­rima bantuan ini yaitu status darurat yang dikeluarkan kepala daerahnya. Seperti Kota Padang hingga hari Senin,” katanya.

Selain menunggu bantuan logistik dari BNPB, BPBD Sum­bar juga terus melakukan penya­luran logstik yang ada untuk masyarakat. BPBD Sumbar juga menurunkan tiga mobil tanki untuk membantu menyalurkan air bersih dan juga member­sihkan rumah warga.

“Tiga mobil kita terus berke­liling untuk menyalurkan air besih seperti ke Air Tawar Barat, Lubuk Buaya bersama 18 mobil lainnya dari Kabupaten/Kota, PDAM dan stake holder terkait,” ungkapnya.

Untuk diketahui Sejumlah daerah di Sumatera Barat dilanda banjir, akibat hujan lebat yang terjadi sejak Senin (21/3) petang  hingga Selasa (22/3) pagi. Daerah yang kebanjiran di antaranya Kota Padang, Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kabupaten Pa­dang Pariaman, Kota Bukit­tinggi dan Kabupaten Agam.

BPBD Sumbar mencatat total kerugian akibat bencana banjir dan longsor di enam Kabupaten/Kota kemarin mencapai Rp52 miliar. Kota Padang terdata yang paling besar total kerugiannya mencapai Rp27 miliar.

Sementara itu, bantuan ke posko bantuan Pemko Padang di Palanta, kediaman resmi Wali­kota Padang terus mengalir. Hingga kini, posko tersebut masih terus menunggu uluran tangan dari donatur yang akan memberikan bantuan kepada korban banjir.

“Kami masih menunggu ulu­ran tangan dari masyarakat. Bagi yang ingin memberikan bantuan, silahkan datang ke Posko,” kata Ketua Sekretariat Posko Tanggap Darurat Bencana Banjir, Budi Payan yang didampingi Koor­dinator Sekretariat, Yulmarni, kemarin.

Sementara itu, Yulmarni menyebut, posko akan dibuka hingga 28 Maret nanti. Dijelas­kannya, hingga kini posko telah menerima sejumlah bantuan. Diantaranya seperti sumbangan pakaian bekas, kemudian sumba­ngan berbentuk uang dari warga, serta bantuan langsung dari BNPB.

“Sumbangan dari BNPB sebe­sar Rp 200 juta. Sedangkan sumbangan dari ‘badoncek’ pada acara Dinas Pendidikan kemarin, terkumpul dana sebesar Rp 4 juta lebih,” sebutnya.

Diakuinya hingga kini sum­ba­ngan itu belum sepenuhnya dikirim kepada warga korban banjir. Sebab, posko masih me­nunggu permintaan dari kecama­tan yang berasal dari kelurahan dan RT. “Bantuan ini akan sece­patnya disalurkan. Hingga kini kami masih menghimpun data kerugian,” sebutnya. (h/isr/rel)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]