Kapasitas Pengurus Organisasi Harus Ditingkatkan


Senin, 28 Maret 2016 - 15:32:00 WIB

PADANG, HALUAN — Orga­nisasi perempuan merupakan mitra kerja pemerintah dalam mendukung program pem­bangunan bidang pem­berd­a­yaan perempuan. Mereka be­rada digarda depan dalam mem­berikan pelayanan pada ma­syarakat.

Namun, organisasi itu tak berjalan mulus. Karena itu pula, hingga kini jumlah or­ganisasi perempuan yang eksis masih  berfluktuatif. Salah satu hal yang mem­pe­nga­ruh­i­nya adalah pola kerja dalam ta­ta kelola sumber daya pada ma­sing-masing organisasi da­lam lingkaran pengambil ke­bijakan.

“Oleh karena itu, perlu dila­kukan peningkatan ka­pa­sitas dan peningkatan ke­mam­puan ma­najemen pengurus organisasi perempuan,” kata Kepala Ba­dan Pemberdayaan Perempuan dan KB Sumbar, Ratnawilis saat kegiatan Pe­ningkatan Kapasitas dan Ja­ringan Organisasi Pe­rempuan Sumbar, Sabtu (26/3) di Pa­dang.

Dikatakannya, pada da­sar­nya upaya untuk me­ning­kat­kan peran dan eksistensi or­ganisasi harus dimulai dari komitmen yang tinggi dari manajemen, serta peningkatan kinerja individu di organisasi tersebut. Mereka yang duduk di kepengurusan, mestinya bisa mengeksplor seluruh po­ten­sinya untuk menjalankan or­ganisasi. Mereka juga harus bisa mengayomi dan visioner.

“Jangan sebaliknya. Karena hal itu akan menghancurkan organisasi,” katanya pada ke­giatan yang diikuti 60 peserta itu. Sebab, adakalanya p­e­rempuan tidak mampu men­jalankan fungsinya sebagai pengelola organisasi yang si­fatnya sosial. Hal ini kadang di­pengaruhi kekhawatiran se­bagian masyarakat, bahwa pe­rempuan belum tentu mampu menyelesaikan permasalahan organisasinya, seperti belum terlatih dan teruji kema­m­puannya.

“Perempuan yang aktif di organisasi, harus terus me­ning­katkan kemampuannya dan kapasitas dirinya,” tan­dasnya.  Jika organisasi atau ke­lompok pe­rempuan yang ter­gabung da­lam berbagai wadah ke­ma­sya­rakatan terkelola de­ngan baik, maka pemberdayaan perempuan akan lebih optimal ke depannya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber diantaranya, Elita Gafar dari Kementerian Pem­berdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI tentang komunikasi efektif dan Fa­silitator LPPK, Editiawarman dengan topik Capasity Building Organisasi Perempuan. (h/vie)

 

 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]