Kesulitan Air Bersih

Pemkab Meranti Segera Bangun SPAM


Selasa, 29 Maret 2016 - 02:55:35 WIB

SELATPANJANG, HALUAN—Atasi kesulitan air bersih di Kabupaten Kepulauan Meranti, pemerintah daerah melalui dinas pekerjaan umum mulai tahun ini akan membangun Sarana Penyediaan Air Minum (SPAM) di berbagai pulau yang ada.

Untuk tahun ini pihak PU dalam hal ini Bidang Cipta Karya akan mendirikan UPT SPAM di Kecamatan Te­bing tinggi Timur, tepatnya di Desa Sungai Tohor.

Tahun ini kita akan mulai membangun proyek air bersih untuk kebutuhan air minum. Dan SPAM yang akan kita bangun seluruhnya rancangan dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sendiri.

Artinya mulai dari peren­canaan hingga pelaksanaan dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah daerah.Beda de­ngan pembangunan SPAM yang ada di Desa Tanjung Samak sebelumnya, dimana  hal itu hanya bersifat melan­jutkan.

“Namun di Desa Sungai Tohor nantinya akan kita lakukan seratus persen dimu­lai dari titik nol,”ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Meranti Ir.H Arhahni MT, melalui Kabid Cipta Karya (CK) Afifuddin, kepada Halu­an Riau, Minggu kemarin.

Afifudin mengungkapkan, dengan kerja keras pihaknya untuk mendapatkan bantuan dana  dari pusat, maka me­lalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2016 Pemkab Meranti mendapat kucuran dana sekira Rp7 Miliar, di­tam­bah lagi dengan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Rrovinsi Riau.

“Kita akan bangun SPAM yang disesuaikan dengan kon­disi wilayah. Dimana bahan baku airnya nanti akan me­manfaatkan air kanal yang akan dibuat sedemikian rupa.

Air kanal adalah air tanah gambut yang berwarna ke coklatan dan rasanya tawar. Air tersebut nantinya akan diolah dengan menggunakan teknologie terkini. Sehingga air menjadi layak untuk di­konsumsi masya­rakat,” ung­kap Afifudin.     

Menurutnya, SPAM  yang telah dimulai Pemkab Me­ranti di Tanjung Samak, sudah dirasakan oleh masyarakat di lima desa di Kecamatan Rang­sang. Dan untuk pemba­ngu­nan SPAM di Sungai Tohor ini nantinya menjadi pilot proyek pembangunan SPAM yang akan diadakan ke depan di seluruh Kepulauan Meranti.

Pola pembangunan kanal yang akan dijadikan sebagai embung atau penyimpanan air juga akan berfungsi ganda nantinya. Selain untuk per­sediaan bahan baku air bersih, keberadaannya juga akan menjamin ketersediaan air dalam tanah.

Sehingga saat mengalami musim kering, tanah gambut tetap akan basah. Dengan demikian juga program pem­bangunan SPAM ini akan sejalan dengan program pemerintah dalam pembuatan embung sehingga air tanah tidak lagi terbuang percuma ke laut,”imbuh dia. (hr)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 27 Juni 2020 - 11:55:48 WIB

    Rancang Master Plan, Pemkab Agam Buktikan Serius Bangun Agro Wisata Talau

    Rancang Master Plan, Pemkab Agam Buktikan Serius Bangun Agro Wisata Talau HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Agam serius dalam pengembangan agro wisata Talau, Nagari Lambah, Kecamatan Ampek Angkek..
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 11:21:43 WIB

    Mantap..! Pemkab Pessel Gratiskan Retribusi Masuk Kawasan Wisata Mandeh

    Mantap..! Pemkab Pessel Gratiskan Retribusi Masuk Kawasan Wisata Mandeh PAINAN,HARIANHALUAN.COM--Bagi pengunjung ke obyek wisata Mandeh, di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan tidak usah lagi merogok kocek untuk membeli tiket masuk, Pemkab Pessel melalui Dispora Pessel mengratisk.
  • Rabu, 01 Mei 2019 - 16:12:28 WIB

    Tingkatkan Kunjungan Wisata, Pemkab Pessel Bangun Pujasera di Pantai Carocok

    Tingkatkan Kunjungan Wisata, Pemkab Pessel Bangun Pujasera di Pantai Carocok PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan geliat pariwisata di Pesisir Selatan, pemerintah setempat bakal membangun sarana Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) di kawasan Pantai Carocok Pai.
  • Jumat, 28 Juli 2017 - 14:09:04 WIB

    IKPS Riau Dukung Program Pemkab Pessel

    IKPS Riau Dukung Program Pemkab Pessel PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS), yang berdomisili di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, mendukung penuh seluruh program yang sudah dicanangkan oleh Pemkab Pessel terkait kemajuan daerah, khusu.
  • Sabtu, 01 Oktober 2016 - 03:16:50 WIB
    SAMBUT TAHUN BARU ISLAM

    Pemkab Pelalawan Gandeng FPI

    PANGKALAN KERINCI, HALUAN—Dalam rangka menyambut Tahun Baru Is­lam pada 1 Muharram 1438 Hijriyah atau 2 Oktober mendatang, Pemkab Pela­lawan akan bekerjasama de­ngan sejumlah ormas Islam menggelar berbagai kegiatan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]