SWIS Minta Pejabat Selektif Hadapi Wartawan


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:01:29 WIB

Arosuka, Haluan — Ketua Solidaritas Wartawan Independen Solok (SWIS), Riswan Jaya,  meminta pejabat publik di Kabupaten Solok untuk selektif dalam menerima wartawan. Hal ini menyikapi adanya keluhan dari para pejabat yang sering didatangi oleh oknum yang mengatasnamakan diri sebagai wartawan  dan meminta imbalan dari setiap peliputan, bahkan hingga melakukan pemerasan.

Meski menurut Riswan Jaya menjadi wartawan adalah hak setiap orang, namun syarat dan ketentuan untuk menjadi seorang jurnalis profesional sudah dijelaskan oleh dewan pers, seperti harus lulus UKW, memiliki media yang jelas, aktif menulis serta berwawasan yang luas, dan tidak cukup dengan bermodal kartu pers. 

“Saat ini wartawan bak jamur pada musim hujan. Untuk menjadi wartawan profesional ada ketentuannya dari dewan pers. Saya harap semua pihak mengerti hal ini,” tutur Riswan Jaya, di Arosuka.

Riswan yang juga sekretaris PWI Kabupaten Solok ini menyampaikan, seseorang tidak bisa dikatakan wartawan kalau menulis saja tidak pernah. Lantaran itu, pihaknya meminta agar semua pihak selektif menerima wartawan dengan menanyakan identitas wartawan tersebut dengan jelas.

“Bila ada wartawan yang coba-coba memeras atau menakut-nakuti pejabat dengan kartu identitas wartawan kemudian meminta sejumlah uang, dipastikan itu adalah wartawan abal-abal,” tambah Riswan Jaya.

Senada dengan itu, Ketua PWI Kabupaten Solok, Rusmel Dt Sati mengatakan, pihaknya tidak pernah menghambat seseorang untuk menjadi wartawan. Akan tetapi, menjadi wartawan harus profesional dan jangan menciderai kode etik jurnalistik.

“Silakan menjadi wartawan, namun ketentuan utuk itu sudah diatur termasuk mereka harus lulus Ujian Kompetensi Wartawan dan aktif menulis serta tidak meminta imbalan kepada nara sumber,” kata Rusmel. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]