Nofi Candra Dorong Lahirnya Ponpes Tahfiz Quran di Saningbakar


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:02:00 WIB

Arosuka, Haluan — Anggota DPD RI, H. Nofi Candra, SE  mendorong lahirnya generasi yang qurani di Kabupaten Solok, melalui program Tahfidz Quran (penghafal Alquran) yang saat ini digiatkan oleh masyarakat Nagari Saningbakar Kecamatan X Koto Singkarak. Hal ini disampaikannya di sela pelaksanaan khatam dan wisuda tahfidz para santri  Pondok tahfidz Assalam Nagari Saningbakar, Minggu (27/3).

Kehadiran senator asal Sumbar di kampung halamannya pada masa reses ini sekaligus dalam rangka melakukan penyerapan aspirasi yang berkembang di masyarakat daerah pemilihan Sumbar. Terkait kegiatan tahfids yang digagas oleh masyarakat peduli anak nagari ini, ia sangat mengapresiasi hal ini, dalam konteks menumbuhkan minat baca dan pendalaman Alquran bagi generasi muda.

“Banyak anak-anak sekarang yang kecanduan game dan gawai (gadget), sehingga mereka lupa untuk mempelajari nilai-nilai yang tekandung dalam Alquran,” ujarnya.

Ia berharap, keberadaan podok tahfidz di Nagari Saningbaka yang menggratiskan santrinya dari biaya pendidikan ini, ke depannya berkembang menjadi sebuah pondok pesantren yang juga menjadikan program tahfidz sebagai program utamanya.

“Saat ini siswa masih menumpang di mesjid dan surau yang ada. Ke depan kami harapkan bisa berkembang menjadi sebuah pondok pesantren yang memiliki gedung dan pemondokan santri sendiri,” kata Nofi yang juga dewan penasehat Ikatan Warga Saningbakar.

Untuk mewujudkan harapan itu, dalam kapasitasya sebagai anggota DPD RI, Nofi juga mendorong Pemkab Solok untuk mengajukan proposal pembangunan gedung dan pemondokan santri yang ditujukan kepada pemerintah pusat melalui kementrian terkait seperti kementerian PU dan Kemenpera.  “Mumpung sekarang ada program untuk itu dari kementerian, kami harap proposalnya disegerakan. Nanti akan kami kawal dari DPD RI,” imbuhnya.

Sementara itu, Andri Hanif, Ketua Yayasan Karya Peduli Anak Nagari Saningbakar yang mengayomi pondok tahfidz Assalam ini, sebelumnya berharap adanya alokasi dana dari pemerintah untuk pembangunan pondok tahfidz Alquran di nagari itu.

Saat ini, kata Andri Hanif, meski masih menumpang di masjid dan musala, namun antusias masyarakat untuk memasukkan anaknya ke pondok tahfidz ini cukup luar biasa. Bahkan sejak berdiri 2 tahun silam, pondok tahfidz Assalam ini juga sudah dua kali menggelar wisuda dan Kahatam Quran.

“Untuk wisuda kali ini ada 50 orang hafidz yang kami wisuda, terdiri dari hafidz 1 jus, 2 jus hingga 5 jus,” sebut Andri.

Terkait rencana ke depan untuk pendirian pondok pesantren tahfidz Quran, saat ini pihaknya juga telah mendapatkan tanah yang merupakan wakaf dari warga setempat, untuk dihadikan lahan pembangunan gedung nantinya.

“Alhamdulillah, untuk tanah saat ini dalam proses balik nama dari pemilik dan ahli waris. Mohon dukungan dan doa dan dukungannya semoga rencana ini segera terealisasi,” pungkasnya. (h/ndi) 

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 17:47:08 WIB

    Anggota DPD RI Nofi Candra Dukung Bukittinggi Jadi Kota Pusaka

    Anggota DPD RI Nofi Candra Dukung Bukittinggi Jadi Kota Pusaka JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal daerah pemilihan Sumbar,  Nofi Candra mendorong Kota Bukittinggi untuk dijadikan sebagai salah satu kota pusaka di Indonesia. Sebab menurutnya, kota Buki.
  • Jumat, 29 September 2017 - 17:10:45 WIB

    Kunjungi Lokasi Bencana KPGD, Nofi Candra Serahkan Bantuan Tahap III

    Kunjungi Lokasi Bencana KPGD, Nofi Candra Serahkan Bantuan Tahap III SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM--Senator DPD RI asal Sumbaro Nofi Candra, kembali menyalurkan bantuan kepada para korban banjir bandang di Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan, Kamis (2.
  • Sabtu, 16 September 2017 - 22:54:02 WIB

    Peduli Bencana, Nofi Candra Turunkan Tim Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang Solsel

    Peduli Bencana, Nofi Candra Turunkan Tim Salurkan Bantuan Korban Banjir Bandang Solsel SOLOK SELATAN,HARIANHALUAN.COM—Pasca banjir bandang akibat amukan Sungai Batang Lolo Atas yang terjadi Kamis (14/9) kemaren, berbagai bantuan kemanusiaan untuk mengurangi beban warga di nagari Pakan Rabaa tengah Kec. Koto P.
  • Selasa, 27 Desember 2016 - 00:42:05 WIB
    KEGIATAN MOTOR TRABAS

    Wabup dan Senator Nofi Candra Jajal Alam Lembah Gumanti

    Wabup dan Senator Nofi Candra Jajal Alam Lembah Gumanti AROSUKA, HALUAN — Se­kitar seribuan penggiat motor trabas dari beberapa daerah seperti Sumbar, Riau, Jambi, Bengkulu dan Muaro Bungo kembali menjajal terjalnya alam perbukitan di daerah selatan Kabupaten Solok..
  • Selasa, 10 Mei 2016 - 03:48:43 WIB

    Nofi Candra Dorong Kembangkan Wisata Religi

    Nofi Candra Dorong Kembangkan Wisata Religi Arosuka, Haluan — Nagari Batang Barus Kec. Gunung Talang merupakan gerbang masuk ke kabu­paten Solok dari Kota Pa­dang yang merupakan Ibu­kota Provinsi Sumbar. Posisi yang strategis ini meng­haruskan nagari yang berada.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]