MTsM Sumani Ingin Jadi Madrasah Terdepan Dalam Ibadah


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:02:28 WIB

Arosuka, Haluan — Ma­drasah Tsanawiyah Muham­ma­diyah Sumani bertekad menjadi madrasah terdepan dalam iba­dah. Upaya ini diwujudkan da­lam bentuk kegiatan rutin yang dilaksanakan pada pagi hari saat mengawali proses be­lajar me­nga­jar (PBM), dengan me­lak­sanakan salat Duha terlebih dahulu, salat Zuhur berjamaah, dan salat sunat qobliah dan badiahnya.

“Ini sudah menjadi visi dan misi sekolah. Semua elemen se­kolah juga bertekad untuk me­wujudkannya, termasuk komite dan masyarakat sekitar,” kata kepala MTsM Sumani, Susi El­fina di sela pembukaan olim­pia­de PAI antar-SD/MI yang di­gelar sekolah itu, Sabtu (29/3).

Susi menyampaikan, hal ini juga diimplementasikan de­ngan berbagai kegiatan me­mak­murkan masjid dan musala dengan kegiatan salat Zuhur berjamaah dan muhadaroh mingguan yang digelar secara bergantian di Musholla Wakaf dan Masjid Raya Sumani. Atas upaya itu, tak heran jika MTsM ini mendapat predikat Ma­drasah Berinovasi tahun 2015 dari Kemenag Kabupaten So­lok, selain prestasi lainnya, yaitu Juara 1 Lomba Tahfiz, Juara 2 MSQ, Juara 2 Ka­li­ghrafi tingkat SLTP/MTs Se-Kabupaten/Kota Solok di MAN Singkarak.

“Kami juga telah me­nye­lenggarakan Ujian Nasional sendiri, tanpa harus me­num­pang ke sekolah negeri lain­nya,” bebernya.

Bupati Solok, Gusmal me­ngapresiasi inovasi yang dila­kukan MTsM Sumani itu. Me­nu­rutnya, visi misi MTsM Su­mani sangat sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Solok, khususnya bidang agama. Ber­kaitan dengan hal itu,  Gusmal mengajak semua komponen masyarakat untuk bahu-mem­bahu, bekerjasama memajukan pendidikan di Kabupaten So­lok, khususnya Madrasah.

Menurutnya, di Madrasah se­lain diberikan pelajaran umum, pelajaran agama me­rupakan pelajaran utama sebagai bekal meraih keba­hagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat. Hal ini, kata Gus­mal, akan mem­bantu dan me­mu­dahkan Pemkab Solok un­tuk mencapai visinya, yaitu mengimbau masyarakat agar kembali ke surau.

“Saya tidak akan mem­bedakan sekolah umum dan madrasah karena sama-sama mendidik anak bangsa. Ke depan akan kami upayakan mem­bantu madrasah-ma­dr­a­sah swasta seperti madrasah Mu­hammadiyah ini,” ujar Gusmal.

Sementara itu, Olimpiade PAI SD/MI  itu diikuti oleh 228 orang dan lomba Futsal se­banyak 72 orang siswa. Pemenang Olim­­piade PAI jua­ra 1 Aisha Andriani SDN 33 Koto Sani. Juara 2 Khairul Medinah SDN 06 Sumani dan  Juara 3 Yuliana SDN 13 Sumani. Sedangkan Harapan 1 Hilwa Razika Ra­madani SDIT Baitul Amal Su­mani, untuk Harapan 2 Arif Kurniawan SDN 06 Sumani dan  Harapan 3 Hanifah Putri SDN 23 Sumani. Sementara untuk Futsal Juara 1 SDN 05 Aripan,  Juara 2 SDN 23 Sumani dan  Juara 3 SDN 06 Sumani. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 05:59:28 WIB

    Renovasi Musala MTsM Sumani Dianggarkan Dalam APBD-P

    Renovasi Musala MTsM Sumani Dianggarkan Dalam APBD-P AROSUKA, HALUAN — Upaya MTsMuhammadiyah (MTsM) Sumani untuk men­carikan dana pembiayaan renovasi musala, yang meru­pakan salah satu sarana pen­didikan siswa selain fungsi utamanya sebagai sarana ibadah, akhirnya mulai me.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]