Nagari Batang Barus Tercepat Pengesahan APB Nagari


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:03:08 WIB

Arosuka, Haluan — Sete­lah melalui pem­bahasan yang cukup alot, Nagari Ba­tang Barus, Kecamatan Gu­nung Talang akhirnya me­netapkan Anggaran Pen­da­patan Belanja (APB) Nagari tahun 2016. Pengesahan APB Nagari bersama Badan Mu­syawarah Nagari (BMN) ini termasuk yang tercepat di Kabupaten Solok, bahkan di Sumbar.

Walinagari Batang Ba­rus, Syamsul Azwar me­nye­butkan, keberhasilan ini tak lepas dari peran aktif tim ker­ja nagari yang di­ben­tuk­nya. Menurutnya,  pe­ru­bahan-perubahan no­men­klatur dari UU No. 6 Tahun 2014 dan beberapa turunan aturannya mulai Permendes dan Per­mendagri hingga Pera­turan Bupati, cepat dipahaminya dengan cara mem­bentuk tim kerja ter­padu di nagari yang berada di ibukota Kabupaten Solok itu.

Tim kerja yang ia mak­sud adalah memberdayakan aparatur pemerintah nagari mulai dari sekretaris, kepala seksi, staf dan kepala jorong. Kemudian juga membangun kemitraan dengan BMN, KAN serta lembaga yang ada di nagari, sesuai moto nagari “dengan keber­sa­maan membangun nagari yang kita cintai”.

”Pelaksanaan roda pe­merintahan berjalan baik, termasuk dalam rangka me­nyukseskan pembangunan nagari sebagai garda ter­depan Pemerintah K­a­bu­paten, Pro­vinsi dan Pusat berjalan lancar sesuai pe­tunjuk aturan yang ada,” kata Syamsul Azwar, Ming­gu (27/3).

Ketua Forum Walinagari Kabupaten Solok itu telah menunjukkan kiprahnya sebagai pemimpin muda di Kota Beras (julukan Ka­bupaten Solok). Baru dalam hitungan hari, Perbup yang mengatur anggaran nagari ditandatangani Bupati So­lok, kerja timnya telah mam­pu dalam waktu cepat me­nyia­p­kan konsep RAPB Na­g­ari, lalu pembahasan ber­sama dengan BMN serta pengesahan dan penetapan menjadi APB Nagari Batang Barus 2016.

Ia menjelaskan, sejak memasuki tahun baru 2016, kesibukan di Nagari Batang Barus cukup padat. Nyaris setiap hari tim kerja me­lak­sanakan tugas-tugas hingga lembur, sebab pengucuran dana tahap III tahun lalu dicairkan pada penghujung tahun 2015. Selain pe­la­po­ran SPJ kegiatan yang dilak­sanakan, nagari ini termasuk satu-satunya yang telah di­lakukan pemeriksaan uji petik oleh BPKP.

Berselang itu, nagari ini juga menjadi tujuan ke­giatan lapangan pen­dam­ping desa se-Sumatera Ba­rat. Ke­mudian, dalam rang­ka memeriahkan peringatan hari jadi Kabupaten Solok ke-103, Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) akan diresmikan Bupati Solok yang direncanakan pada 29 Maret.

Sosok muda yang meniti karirnya dari ketua Pemuda Nagari setempat ini, terus melahirkan inovasi serta kreasinya. Baru melewati dua tahun kepemim­pi­nan­nya sebagai Walinagari Ba­tang Barus, Syamsul Azwar terbilang cepat tanggap dalam merespon dan cepat memahami aturan-aturan tentang pemerintahan.

Terkait disahkannya RAPB Nagari menjadi APB Nagari Batang Barus 2016, ketua BMN setempat Bakri Malin Janiah menyebutkan, pihaknya bersama semua anggotanya telah mela­kukan pem­bahasan yang di­sela­raskan dengan aturan. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 Juli 2020 - 19:37:05 WIB

    Nagari Sungai Langkok Diluncurkan Jadi Nagari Tageh Rumah Gadang

    Nagari Sungai Langkok Diluncurkan Jadi Nagari Tageh Rumah Gadang HARIANHALUAN.COM - Dinilai milik banyak keunggulan, Nagari Sungai Langkok Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, diluncurkan menjadi Nagari Tageh Rumah Gadang, Senin (06/07)..
  • Senin, 06 Juli 2020 - 19:17:09 WIB

    Kelompok Ternak Insan di Agam Akan Sulap Nagari Sungai Batang Jadi Kampung Kambing

    Kelompok Ternak Insan di Agam Akan Sulap Nagari Sungai Batang Jadi Kampung Kambing HARIANHALUAN.COM - Usaha beternak kambing etawa di Kabupaten Agam terus berkembang. Salah satu contohnya di Kecamatan Tanjung Raya, tepatnya di Jorong Nagari, Nagari Sungai Batang. Beberapa kelompok tani menunjukkan hasil pos.
  • Senin, 06 Juli 2020 - 11:08:06 WIB

    Dua Nagari di Dharmasraya masih Terisolasi Karena Banjir

    Dua Nagari di Dharmasraya masih Terisolasi Karena Banjir HARIANHALUAN.COM - Dua nagari atau desa adat di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat masih terisolasi akibat bencana banjir diikuti tanah longsor yang melanda kawasan itu sejak Sabtu (4/7/2020) malam hingga Minggu (5/7/2020).
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 13:35:41 WIB

    3 Wilayah di Agam Masuk Daftar Nagari Tageh Rumah Gadang

    3 Wilayah di Agam Masuk Daftar Nagari Tageh Rumah Gadang HARIANHALUAN.COM - Polres Agam telah menilai tiga nagari di wilayah hukumnya sebagai kampung tangguh atau nagari tageh rumah gadang. Kapolres Agam, AKBP Dwi Nur Setiawan, menyebutkan tiga nagari tersebut yakni, Nagari Tiku Se.
  • Kamis, 02 Juli 2020 - 13:08:04 WIB

    Masyarakat Nagari Muaro Tais Butuh Jaringan Internet

    Masyarakat Nagari Muaro Tais Butuh Jaringan Internet HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Nagari Muaro Tais, Pintu Padang dan Lubuak Godang amat senang dengan kunjungan dan kehadiran rombongan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit Datuak Malintang Panai bersama beberapa Organisasi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]