Gusmal-Yulfadri Nurdin Bertekad Tak Pecah Kongsi


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:03:59 WIB
Gusmal-Yulfadri Nurdin Bertekad Tak Pecah Kongsi PASANGAN Bupati dan wakil Bupati Solok Gusmal-Yulfadri terlihat selalu Kompak disela kunjungan pada kegiatan yang digelar masyarakat. (YUTIS WANDI)

Arosuka, Haluan — Pasangan kepala daerah Kabupaten Solok, Bupati Gusmal dan Wakil Bupati Yulfadri Nurdin, bertekad tetap solid dalam membangun kabupaten itu hingga lima tahun ke depan.

Tekad untuk tidak akan “pecah ban” di tengah jalan itu ditegaskannya di hadapan ratusan masyarakat saat meng­­hadiri malam sila­tu­rahmi  di Jorong Galanggang Tangah, Nagari Salayo, Kamis (24/3).

Yulfadri mengatakan, membangun Kabupaten So­lok harus secara ke­ke­luar­gaan dan kebersamaan, se­perti kata pepatah Mi­nang ba­rek samo dipikue, ri­ngan samo dijinjiang. Pe­patah itu bukan slogan se­mata, melainkan harus di­wu­jud­kan dalam pelak­sa­naan tata kelola pe­me­rintahan.

Yulfadri mengatakan hal itu karena melihat sering terjadinya perpecahan an­tara pasangan kepala daerah di Indonesia.  Menurutnya, perpecahan pasangan ke­pala daerah merupakan awal dari kehancuran dae­rah. “Kami tidak ingin hal itu terjadi di Kabupaten So­lok. Mudah-mudahan kami dijauhkan dari hal semacam itu,” ujar­nya.

Sementara itu, Gusmal mengatakan, jauh sebelum pelaksanaan Pilkada, ia dan Yulfadri, sudah bertekad untuk seiring sejalan mem­bangun Kabupaten Solok. “Bukan kami saja, keluarga juga menyepakati hal ter­sebut. Ikatan kami tidak hanya hubungan kerja, tapi sudah seperti keluarga,”  ungkapnya.

Ia juga berharap agar masyarakat Kabupaten So­lok mendukung jalannya pemerintahan di bawah ke­pemimpinannya. Kepala daerah baru dipastikan me­miliki tantangan sulit dalam menjaga kekom­pa­kan de­ngan wakil kepala dae­rah hingga akhir masa jabatan. Banyak pasangan ke­pala daerah yang “ber­cerai” di tengah jalan. Ba­nyak faktor yang me­nye­bab­k­an hal itu bisa terjadi se­perti komunikasi yang ku­rang bagus, dan tidak adanya transparansi.

“Kami siap dikritik dan ditegur kalau salah langkah dalam memimpin. Dukung kami apabila yang kami lakukan berdampak positif pada kepentingan daerah dan masyarakat luas,” sebut­nya.

Untuk memecah tan­tangan tersebut, Gusmal Dt. Rajo Lelo-Yulfadri Nur­din bertekad akan terus berjalan searah dan akan saling men­ja­ga. ”Mem­ba­ngun Ka­bu­paten Solok ke depannya tidak hanya pada awal-awal, tapi hingga akhir masa ja­batan habis,” tutur Gusmal.

Pada kesempatan itu, berbagai kekayaan tradisi daerah ditampilkan untuk me­meriahkan malam sila­tu­rahmi itu, seperti Randai, tari dan pertunjukan lainnya dari berbagai daerah sek­i­tar­nya. 

Sejumlah Grup randai meramaikan acara tersebut dari berbagai daerah sekitar diantaranya group randai Linduang Bulan dari Jorong sawah suduik Nagari Salayo, Tunas Muda dari Sungai Janiah Talang, Baringin Tanjuang dari Guek duo Koto Baru, Minang Sari dari Sawah Dalam Kotobaru, serta Kinantan dan Garuda Minang dari Koto Hilalang.

Selain itu, masyarakat dan peserta undangan disu­guhkan dengan panganan sate yang disediakan gratis untuk acara tersebut. Bupati dan Wakil Bupati Solok menyambut positif inisiatif yang dilakukan oleh masyarakat Nagari Salayo dalam menjalin sinergisitas dengan Pemkab Solok. (h/ndi)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]