Lumindai Tanam 10 Ribu Bibit Manggis


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:08:30 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Desa Lu­mindai Kecamatan Lembah Segar Sawah­lunto mulai menyasar tanaman manggis, guna mempersiapkan perekonomian warga dalam beberapa tahun ke depan.

Setidaknya 10 ribu bibit manggis, kini dalam proses penanaman di desa selus 1.572 hektar tersebut. Penanaman manggis dilakukan di antara tanaman coklat yang telah ada. Manggis nantinya dijadikan sebagai tanaman pelindung.

“Selama ini kami mengandalkan pro­duksi manggis dari pohon manggis yang ditanam nenek moyang terdahulu,” ujar Kepala Desa Lumindai, Chairunnas kepada Haluan, di sela-sela kesibukannya.

Chairunnas mengungkapkan, seti­daknya terdapat tiga ribu hingga empat ribu pohon manggis, yang ditanam leluhur warga Lumindai. Jika musim panen tiba, di­perkirakan dalam satu malam, manggis yang keluar dari Lumindai mencapai 2 ton.

Harga manggis di musim panen, berada di kisaran Rp40 ribu per kilogramnya. Artinya, dalam musim panen, pemasukan warga masyarakat melalui manggis bisa mencapai Rp80 juta dalam semalam.

Tanaman pohon manggis peninggalan nenek moyang tersebut, terang bapak dua anak tersebut, juga tidak tertata rapi. Saat ini, dari 10 ribu bibit yang ada, dilakukan penanaman dengan jarak yang tertata.

“Harapan kita, dalam lima tau sepuluh tahun mendatang, Lumindai bisa menjadi lumbung manggis bagi Sumatera Barat. Demi mengangkat pereknomian masya­rakat kami sendiri,” pungkas mantan guru agama tersebut. (h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Mei 2016 - 15:33:40 WIB

    Lumindai Juara Umum MTQ Kecamatan Barangin

    Lumindai Juara Umum MTQ Kecamatan Barangin SAWAHLUNTO,HALUAN- Kafilah Desa Lumindai keluar menjadi juara umum MTQ Ke 45 Tingkat Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto.Dengan total point sebanyak 63Lumindai berhasil unggul diatas Desa Talago Gunung sebagai juara II dengan .
  • Selasa, 29 Maret 2016 - 03:13:53 WIB
    Bentengi Generasi

    Lumindai Haramkan Orgen Tunggal

    Lumindai Haramkan Orgen Tunggal SAWAHLUNTO, HALUAN — Mengukuhkan diri menjadi desa adat, Desa Lumindai Kecamatan Barangin Sawahlunto mengharamkan orgen tunggal dalam bentuk apapun. Desa yang berada di ketinggian 850 dari permukaan laut itu, mengedepankan .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]