Generasi Muda Target Sosialisasi Adat


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:09:23 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Generasi muda menjadi target utama pemerintah, dalam mempertahankan budaya beserta adat di tengah masyarakat. Sebagai generasi penerus, kaum muda harus bisa menjadi pewaris dan pembawa estafet adat budaya ke masa mendatang.

Agaknya hal itu mendorong Pemerintah Sawahlunto melakukan sosialisasi adar istiadat kepada generasi muda, di sepuluh nagari serta komunitas adat. Dimana sasarannya para generasi muda.

“Sosialisasi adat istiadat sudah selesai kita lakukan, ada 10 nagari dan satu komunitas, yakni komunitas Jawa,” ujar Keli Sayekti, Kasubag Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bagian Kesra Setdako Sawahlunto. Menurut Keli, sosialisasi adat istiadat ini merupakan agenda tahun, sebagai bentuk perhatian pemerintah, dalam upaya mem­bangkitkan dan mempertahankan adat istiadat di tengah generasi muda sebagai generasi penerus.

Sepuluh nagari yang mengikuti sosia­lisasi tersebut yakni, Nagari Kubang, Nagari Kolok, Nagari Kajai, Nagari Talago Gu­nung, Nagari Talawi, Nagari Sijantang, Nagari Tak Boncah, Nagari Silungkang, dan Nagari Lunto, serta Nagari Lumindai.

Selain sosialisasi, Pemerintah Sawah­lunto juga melakukan pertemuan dengan para tokoh adat, agama, bundo kanduang, yang digelar satu kali dalam dua bulan. Tahun depan, tidak sosialisasi yang akan dilaksa­nakan, namun penyegaran adat istiadat.

“Tahun depan, tema yang kita usung tidak lagi sosialisasi. Melainkan penyegaran adat istiadat. Meski demikian, sasaran kita tetap generasi muda, yang akan menjadi penerus, sekaligus pewaris dari adat istiadat yang ada,” tambah Keli. (h/dil)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Juli 2020 - 08:00:32 WIB

    Pramuka Bentuk Karakter Generasi Muda Bangsa Tangguh Saat Pandemi Covid-19

    Pramuka Bentuk Karakter Generasi Muda Bangsa Tangguh Saat Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Keberadaan Pramuka sangat penting memperkuat karakter bangsa dalam menciptakan generasi yang pintar, jujur, bertanggung jawab dan peduli terhadap sesama. Untuk itu, sekolah-sekolah diminta mengaktifkan kemb.
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 23:05:22 WIB

    Datang ke SMAN 1 Sutera, Anggota DPR Ini Ingin Pelajar Jadi Generasi Beradab

    Datang ke SMAN 1 Sutera, Anggota DPR Ini Ingin Pelajar Jadi Generasi Beradab PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni, berkunjung ke SMAN 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, dalam rangka Sosialisasi Konsensus Kebangsaan, Pancasila, UUD RI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, Senin .
  • Ahad, 05 Februari 2017 - 19:30:08 WIB

    70 Tahun HMI, Melahirkan Generasi Pemimpin Bangsa

    70 Tahun HMI, Melahirkan Generasi Pemimpin Bangsa PASBAR,HALUAN--Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) kini genap berusia 70 tahun. Organisasi yang diinisiasi oleh Lafran Pane ini pada mulanya didirikan pada tanggal 05 Februari 1947 di Yogyakarta..
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:58:42 WIB

    Pramuka Ajang Melatih Mental Generasi Muda

    Pramuka Ajang Melatih Mental Generasi Muda PASBAR, HALUAN — Sek­retaris Daerah Pasaman Barat, H. Manus Handri mengi­ngin­kan kegiatan pramuka bisa melatih mental dan spritual generasi muda. Tidak hanya itu saja, melalui pramuka kegiatan positif bisa dilakukan..
  • Selasa, 02 Agustus 2016 - 02:55:42 WIB

    Wako Terus Dorong Generasi Penulis

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Motivasi generasi muda untuk menulis, Walikota Sawahlunto berikan reward terhadap tiga peserta Haluan Goes to School, yang berhasil menjadi penulis terbaik, dalam pelatihan bertemakan Seribu Penulis Ser.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]