Disparbud Prioritaskan Pengembangan Kota Pusaka


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:10:13 WIB

SAWAHLUNTO, HALUAN — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sawa­h­lunto memprioritaskan pe­ngem­bangan pariwisata yang menyokong kawasan kota pusaka, dalam rangka meningkatkan pereko­no­mian serta komitmen dalam memelihara kota warisan nusantara dan dunia.

Sekretaris Dinas Pa­riwisata dan Kebudayaan Sawah­lunto, Yon Efni me­nyebutkan, menyokong pe­ngem­bangan kota pusaka, pemerontah kota saat ini fokus dalam pembenahan dan revitalisasi kawasan Tangsi Baru dan Air Dingin, Lobang Mbah Suro, Pe­nataan Lapangan Segitiga Ombilin serta pemba­ngu­nan Tematik.

“Selanjutnya baru laku­kan pengembangan lainnya seperti pembenahan panor­ma kelok 16, Puncak Mata Air, Kawasan Cemara, Are­al Paralayang Puncak Po­land, Pembenahan Batang Lunto dan penataan Taman dikawasan Pasar Remaja,” ungkap Yon Efni saat ke­giatan asistensi tata kelola destinasi khusus wilayah tematik kota pusaka baru baru ini.

Dalam pengem­bangan­nya lanjut Yon Efni, akan ditunjang dengan sarana dan prasarana di kawasan tua, dengan melengkapi penataan lampu taman dan jalan, toilet umum, sarana parkir dan ruang peris­tira­ha­tan.Untuk beberapa kegi­atan itu akan dilaksnakan dengan teknis serta ker­jasama dengan SKPD ter­kait, seperti Dinas PU, Per­hu­bungan, Dinas Pertanian dan Kehutanan, BLH, Pe­rindagkopnaker, sehingga apa yang akan dilaksanakan akan sesuai dengan kebu­tuhan penunjang masyara­kat di wilayah tersebut.

Yon menam­bahkan, Di­nas Pariwisata dan kebu­dayaan juga akan memba­ngun museum tenun dika­wasan kampung tenun seka­ligus melanjutkan pemba­ngunan pasar songket, de­ngan harapan akan dapat melestarikan tenun songket Silungkang sebagai salah satu warisan leluhur yang hadir sebagai karifan lokal masyarakatnya.

Sementara itu Tim Asis­tensi Destinai Pariwisata Khusus Kemenpar RI, Sla­met Usman Ismanto menye­butkan, potensi kawasan kota pusaka Sawahlunto dapat dikembangkan lebih jauh lagi, salah satunya dengan menge­mas­nya mela­lui wisata rekreasi, serta melibatkan warga yang ada didalamnya sebagai pelaku dan pelestari pusaka yang ada, sehingga pengem­ba­ngan­nya sesuai dnegan harapan warga yang ada didalamnya.. (h/mg-rki)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]