Hendak Ledakan Diri

Seorang Gadis Kecil Klaim Diculik Boko Haram


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:15:19 WIB
Seorang Gadis Kecil Klaim Diculik Boko Haram

YAOUNDE, haluan  —  Otoritas di Kamerun dan Nigeria menyelidiki klaim dari seorang calon pelaku bunuh diri yang mengaku sebagai salah satu dari anak-anak sekolah yang diculik kelompok militan Boko Haram pada 2014, lalu.

Pemerintah Nigeria me­ngirim orang tua siswi untuk mengidentifikasi anak pe­rempuan itu. Dia me­nga­takan kepada penyelidik di Kamerun bahwa dirinya me­rupakan salah satu dari 270 orang anak perempuan yang diculik di Chibok oleh Boko Haram. 

Baca Juga : Panas, 1.000 Massa Pro Junta Militer Turun ke Jalan di Myanmar

Kantor be­ri­ta Reu­ters me­laporkan, anak pe­rempuan yang di­ta­han di bagian Utara Ka­merun pada Jumat lalu itu membawa bahan peledak dan me­ng­klaim merupakan salah satu dari anak pe­rem­puan Chi­bok yang hilang. Anak-anak perempuan itu ditahan setelah dihentikan oleh pa­sukan pertahanan setempat di Limani, wilayah dekat perbatasan Nigeria, yang menjadi target se­rangan bom bunuh diri da­lam be­berapa bulan te­r­akhir.

“Kami berharap orang tua Chibok dapat me­ngin­dentifikasi anak-anak pe­rempuan itu dan memastian dia merupakan salah satu dari anak-anak yang hilang,” kata Garba Shehu, juru bicara presiden Nigeria Muham­madu Buhari, ke­pada Ya­yasan Thomson se­perti dikutipReuters, Ahad (27/3).

Baca Juga : Astaga! Ada Tanda-tanda Fase Baru Mutasi Covid-19

Shehu mengatakan, pe­merintah sangat ingin me­nge­tahui identitas anak pe­rempuan ini sehingga dia dapat dibawa kembali ke Nigeria dan mungkin dapat membantu pemerintah un­tuk menyelidiki penculikan itu. 

Dia mengatakan, dua orang tua dari Chibok telah dipilih untuk melakukan perjalanan ke Kamerun, yaitu Yakubu Nkeki, ketua Gerakan Anak-Anak Pe­rempuan Chibok yang di­culik dan Yana Galang, pemimpin perempuan di kelompok itu, yang anaknya Rif­katu (16 tahun) ter­masuk yang diculik.

Baca Juga : Akan Rilis, Laporan Intelijen AS Sebut MBS Setujui Pembunuhan Khashoggi

Penculikan ini me­ngun­dang perhatian inter­na­sio­nal dan memicu kam­panye di media sosial dengan hashtag #bring­back­our­girl atau kembalikan anak perempuan kami. Sekitar 50 anak perempuan berhasil melarikan diri, 219 anak lainnya masih hilang. Me­reka diculik kelompok mili­tan dari komunitas Chibok di Nigeria. (h/rol)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]