Jepang Aktifkan Stasiun Radar di Laut Cina Timur


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:16:03 WIB
Jepang Aktifkan Stasiun Radar di Laut Cina Timur

TOKYO, HALUAN — Jepang mengaktifkan stasiun radar di Laut Cina Timur sebagai langkah maju untuk mengumpulkan data intelijen di sana, Senin (28/3). Stasiun radar dari Basis Pasukan Pertahanan Diri Jepang baru-baru ini ditempatkan di Pulau Yo­naguni. 

Pulau ini berdekatan dengan Taiwan dan kepulauan yang merupakan bagian dari sengketa wilayah Jepang-Cina. Pulau Yo­naguni merupakan kepulauan Jepang paling barat di Laut Cina Timur. Letaknya sekitar 150 km di selatan dari kepulauan sengketa yang dikenal sebagai kepulauan Senkaku oleh Jepang dan Diaoyu oleh Cina.

Baca Juga : Longgarkan Karantina Covid-19, Israel Mulai Buka Restoran

“Hingga kemarin, tidak ada unit obser­vasi pantai di barat pulau utama Okinama. Kekosongan ini harus diisi,” kata Letnan Kolonel Pasukan Pertahanan Diri Darat, Daigo Shiomitsu. Ia adalah komandan yang memimpin pengaktifan basis baru Yonaguni.

Hal ini, menurutnya, bertujuan me­ngawasi segala situasi di sekitar teritorial Jepang dan agar bisa merespon segala peristiwa yang terjadi. Shiomitsu meng­hadiri upacara pembukaan basis baru itu pada Senin bersama dengan 150 personel militer dan sekitar 50 pejabat.

Baca Juga : Menlu China Nyatakan Serius Bantu Indonesia Jadi Pusat Produksi Vaksin Covid-19 di ASEAN

Tindakan ini dinilai akan membuat geram Cina. “Stasiun radar ini akan me­nganggu Cina,” kata pensiunan Mayor Jenderal Pasukan Pertahanan Diri dan profesor Nihon University, Nozomu Yo­shitomi. Pasalnya, fasilitas itu tidak hanya akan jadi basis intelijeen, tapi juga bisa jadi pangkalan militer untuk operasi wilayah.

Benar saja, dalam pernyataan yang dikirimkan Kementerian Pertahanan Cina pada Reuters soal stasiun radar, Cina mengimbau komunitas internasional untuk waspada tinggi. Mereka menyebut tindakan Jepang itu sebagai ekspansi militer. (h/rol)

Baca Juga : Hacker Sebar Data Pasien RS Amerika Serikat di Dark Web

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]