Puluhan Orang Tewas di Kurdi


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:16:18 WIB
Puluhan Orang Tewas di Kurdi

DIYARBAKIR, HALUAN — Seorang pejabat daerah terpilih, tewas di wilayah bergolak Turki tenggara setelah kekerasan akhir pekan, yang juga merenggut hampir 30 pegaris keras dan tentara.

Ibrahim Inco, Kepala Desa Sarioren, Provinsi Sanliurfa tertembak setelah pegaris keras diduga dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) membajak mobilnya. “Mereka melarikan diri setelah meledakkan bom, yang menyasar kendaraan militer. Tiga tentara terluka dalam ledakan tersebut,” kata sumber keamanan, Senin (28/3).

Baca Juga : Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi

Peristiwa itu adalah kekerasan terkini di Turki tenggara setelah PKK meninggalkan gencatan senjata dua tahun pada Juli tahun lalu. Beberapa bulan pemberontakan yang terjadi telah menjadikannya satu dari beberapa periode mematikan dalam pemberontakan selama 31 tahun.

Militer Turki menyebutkan 25 anggota militan PKK tewas di beberapa kota, yakni Nusaybin, Sirnak, dan Yuksekova dalam pemberontakan pada akhir pekan. Pada Ahad, dua tentara tewas dan tujuh lainnya terluka di Nusaybin, salah satu kota yang berbatasan dengan Suriah ketika beberapa anggota militan meledakkan bom di gedung pasukan keamanan sedang dalam pencarian, kata sumber keamanan.

Baca Juga : Panas, 1.000 Massa Pro Junta Militer Turun ke Jalan di Myanmar

Dalam peristiwa terpisah di Nusaybin, yang berlaku peraturan jam malam sejak 14 Maret lalu, seorang tentara dibunuh oleh penembak gelap dan seorang petugas kepolisian tewas dalam serangan bom.

Nusaybin sebagai kota terakhir yang menerapkan operasi keamanan setelah pihak militer berupaya membasmi anggota-anggota kelompok militan PKK dari pusat-pusat kaum urban yang telah mereka bangun barikade dan menggali parit. Militer juga meluncurkan puluhan serangan udara terhadap pangkalan PKK di Irak utara.

Baca Juga : Astaga! Ada Tanda-tanda Fase Baru Mutasi Covid-19

Presiden Turki Tayyip Erdogan menyatakan bahwa pekan lalu sebanyak 300 anggota pasukan keamanan tewas sejak konflik bergejolak tahun lalu, memicu pemberontakan yang lebih berat sejak era 1990-an. Dia menyatakan kerugian PKK sebanyak 10 kali lebih tinggi. (h/rol)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 26 Februari 2021 - 14:51:11 WIB

    Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi

    Joe Biden Beri Kepastian Amankan Saudi Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden melakukan pembicaraan dengan Raja Arab Saudi Salman pada Kamis (25/2). Dalam percakapan perdana sejak Biden resmi menjadi pemimpin negara adidaya itu, ia menekankan komitmen AS untuk me.
  • Kamis, 25 Februari 2021 - 16:58:20 WIB

    Panas, 1.000 Massa Pro Junta Militer Turun ke Jalan di Myanmar

    Panas, 1.000 Massa Pro Junta Militer Turun ke Jalan di Myanmar Situasi Myanmar makin tak kondusif. Pendukung dan penentang militer bentrok di jalan-jalan kota Yangon, Kamis (25/2/2021)..
  • Kamis, 25 Februari 2021 - 14:41:04 WIB

    Astaga! Ada Tanda-tanda Fase Baru Mutasi Covid-19

    Astaga! Ada Tanda-tanda Fase Baru Mutasi Covid-19 Baru-baru ini sebuah penelitian di California melaporkan telah menemukan sampel dua varian virus Covid-19 yang bergabung menjadi versi virus corona. Mereka bermutasi, memicu peringatan bahwa pandemi mungkin memasuki fase baru.
  • Kamis, 25 Februari 2021 - 12:27:37 WIB

    Akan Rilis, Laporan Intelijen AS Sebut MBS Setujui Pembunuhan Khashoggi

    Akan Rilis, Laporan Intelijen AS Sebut MBS Setujui Pembunuhan Khashoggi Laporan intelijen Amerika Serikat (AS) soal pembunuhan jurnalis kawakan Arab Saudi, Jamal Khashoggi, yang akan segera dirilis, menyebutkan bahwa Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman atau MBS menyetujui pembunuhan.
  • Kamis, 25 Februari 2021 - 08:14:23 WIB

    Pemerintahan Joe Biden Tuding Putra Raja Salman Dalang Pembunuhan Jurnalis AS

    Pemerintahan Joe Biden Tuding Putra Raja Salman Dalang Pembunuhan Jurnalis AS Pemerintahan Presiden Joe Biden akan merilis laporan intelijen Amerika Serikat (AS) yang tidak diklasifikasikan mengenai kematian jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi, Kamis (25/2/2021). Khashoggi merupakan kolumnis Washingto.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]