Saudi Jadi Tujuan Utama Mahasiswa Indonesia


Selasa, 29 Maret 2016 - 03:18:43 WIB

JAKARTA, HALUAN — Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Bu­daya (FIB) Universitas Indonesia Adrianus LG. Waworuntu menga­takan Saudi Arabia merupakan tujuan utama mahasiswa Indonesia dalam menuntut ilmu. Tidak heran, Saudi Arabia dan Indonesia memiliki hubungan historis yang sangat panjang.

“Di samping bidang politik dan budaya, bidang pendidikan adalah kerjasama yang berkembang pesat antara Saudi Arabia dengan Indonesia,” kata Adrianus dalam sambutannya di acara seminar dan kuliah umum Hubungan Saudi Arabia dengan Indonesia di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (28/3).

Adrianus menuturkan, meskipun di­warnai oleh beberapa persoalan, hubungan baik antara Indonesia dengan Saudi Arabia tidak mengalami gangguan sama sekali termasuk dalam bidang kerjasama pen­didikan. Seperti diketahui, persoalan haji dan umrah serta pengiriman tenaga kerja kerap mendominasi hubungan kedua negara.

Sebagai sesama negara aggota G20, Saudi Arabia dan Indonsia justru saling me­manfaatkan potensi yang ada untuk mem­pererat hubungan bilateral antara kedua negara. Seperti terkait dengan moderasi Islam serta upaya untuk meningkatkan interaksi peluang kerjasama yang berdampak optimal dalam kerangka membangun hubungan bilateral dan isu strategis. (h/rol)

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]